Google Bekerja Keras Basmi ‘Aplikasi Nakal’ Untuk Pengguna Hp Android!

0
164
Copyright©Labana

Google Hapus 98% Aplikasi Android Berbahaya di Play Store

Smeaker.com – Bagi pengguna Hp Android, Play Store menjadi aplikasi wajib yang harus ada didalam smartphone mereka. Karena inilah toko aplikasi resmi bagi mereka untuk mendapatkan aplikasi yang mereka butuhkan.

Namun sebagai sebuah aplikasi, tidak menutup kemungkinan jika Play Store memiliki kerentanan didalamnya yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Salah satunya adalah menghapus berbagai aplikasi nakal yang bisa mengakses data pribadi pengguna Hp Android tanpa disadari.

Baca juga; Hapus Sekarang Juga, Puluhan Aplikasi Antivirus di HP Android ini Berbahaya!

Baru-baru ini Google telah melaporkan jika mereka berhasil membasmi 98% aplikasi berbahaya didalam Play Store sepajang tahun 2019. Dan rata-rata aplikasi nakal ini bisa mengumpulkan data SMS serta riwayat telepon dari penggunannya.

Copyright©Labana

Setidaknya, masih ada sekitar 2% aplikasi nakal yang berada di Play Store saat ini. Dan kebanyakan aplikasi nakal ini membutuhkan akses data ke telepon dan SMS pada Hp Android agar fungsi utama dari aplikasi ini bisa bekerja.

Baca juga; Stop Beli Ponsel Baru Dulu, HP Android Dengan Kamera 108 MP ini Masuk Indonesia Pekan Depan!

Langkah ‘pembasmian’ yang dilakukan oleh Google ini memang sejalan dengan kebijakan yang mereka buat pada bulan Oktober 2018 lalu untuk pengembang aplikasi di Hp Android. Dimana para pengembang ini diberi waktu sekitar 90 hari untuk menyesuaikan kebijakan baru dari Google tersebut. Termasuk penghapusan permintaan data SMS dan telepon pengguna tanpa alasan.

Google juga telah mengklaim jika mereka berhasil memblokir instalasi 1.9 miliar malware dari platform pihak ketiga maupun APK yang dicuri pada tahun 2019 lalu. Angka ini cukup meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.6 Miliar virus terdeteksi sebelum menyusup pada Hp Android korban.

Kinerja dari layanan Google Play Protect dinilai meningkat pesat dalam 3 tahun terakhir. Dimana layanan ini telah meminda lebih dari 100 miliar aplikasi setiap harinya, guna mengamankan para pengguna Hp Android dari ancaman kejahatan siber.

Baca juga; Aplikasi Pesaing WhatsApp ini Dihapus Google dari Play Store, Kenapa ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here