Ditemukan Lagi 9 Aplikasi Berbahaya di HP Android, Buruan Hapus!

0
424
Copyright©Mastel

Aplikasi Mengandung Malware di Unduh Puluhan Ribu kali di HP Android

Smeaker.com – Sebuah perusahaan keamana Trend Micor kembali menemukan adanya aplikasi berbahaya yang mengancam pengguna HP Android. Perusahaan asal Jepang ini telah menemukan total Sembilan aplikasi yang mengandung malware berbahaya didalamnya.

Yang lebih mengejutkan, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 470 ribu kali hingga saat ini. Seperti yang dilaporkan oleh Gizchina, jika Trend Micro telah menerbitkan daftar aplikasi berbahaya berisi malware dengan target pengguna HP Android.

Baca juga ; Cek Punyamu, Hp Android ini Dapatkan Update Bikin Kamera Makin Bokeh!

Malware ini telah disembunyikan dalam beberapa aplikasi tools, seperti Super Clean ataupun Speed Clean. Dimana aplikasi ini berkedok meningkatkan kemampuan dari HP Android dengan membersihkan file sampah yang tak berguna.

Copyright©Mastel

Bukannya mengoptimalkan kinerja smartphone, aplikasi ini malah memiliki protocol untuk mengunduh 3000 malware kedalam HP Android pengguna yang telah terjangkit. Tak cukup sampai disitu saja, malware ini juga bisa mengakses akun Google maupun Facebook dari korban nanti.

Baca juga; Siapkan Budgetmu, Smartphone Murah Realme C3 Segera Masuk Indonesia!

Selain itu, malware ini juga bakal menampilkan iklan dari platform AdMob maupun Facebook Audience Network. Yang menyebalkan, iklan ini bakal membuka dengan sendirinya, meski pengguna HP Android tidak melakukannya.

Aplikasi berbahaya ini juga meminta pengguna untuk memberikan izin menonaktifkan Google Play Protect didalam HP Android. Dengan begini, memungkinkan mereka bisa menyebarkan lebih banyak malware tanpa terdeteksi nanti. Berikut deretan aplikasi berbahaya yang dimaksud oleh Trend Micro tersebut:

  • Shoot Clean-Junk Cleaner,Phone Booster,CPU Cooler
  • Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler
  • Super Clean-Phone Booster,Junk Cleaner&CPU Cooler
  • Quick Games-H5 Game Center
  • Rocket Cleaner
  • Rocket Cleaner Lite
  • Speed Clean-Phone Booster,Junk Cleaner&App Manager
  • LinkWorldVPN
  • H5 gamebox

Aplikasi diatas tadi sudah dihapus dari Play Store, namun kemungkinan masih ada beberapa diantaranya yang ada didalam hp android pengguna. Maka dari itu, jika anda memiliki aplikasi diatas tersebut, sebaiknya hapus sekarnag juga.

Baca juga ; HP Android Dengan ‘Baterai Monster’ ini Dapat Diskon Hingga Rp 1 Juta, Mau?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here