Mengandung Malware, Hapus Puluhan Aplikasi ini Dari Hp Android Kamu Sekarang!

0
1578
Copyright©ipapedia

17 Aplikasi untuk Hp Android Mengandung Adware

Smeaker.com – Bagi kalian pengguna Hp Android, Play Store menjadi sebuah aplikasi penting karena toko milik Google ini menyediakan aplikasi maupun game untuk memudahkan kalian melengkapi smartphone nanti.

Namun baru-baru ini, tim peneliti dari perusahaan Cyber Security bernama Bitdefender telah merilis 17 aplikasi yang  memiliki niatan jahat didalamnya. Mereka bisa menampilkan iklan didalam Hp Android pengguna tanpa izin nanti.

Baca juga: Cuma Sejutaan, Realme 5i Rilis di Indonesia Dengan Spesifikasi Garang!

Dan mereka pun menyarankan untuk menghapus aplikasi tersebut dari Hp Android kalian. Yang mencengangkan, total download dari 17 aplikasi tersebut sangat besar, yakni mencapai 500.000 kali. Kabarnya aplikasi ‘nakal’ tersebut telah menggunakan taktik seperti menampilkan iklan secara acak serta menyebarkan kode mereka ke sejumlah file didalam smartphone.

Copyright©ipapedia

Tentu kasus seperti ini bukan pertama kali terjadi, Google selaku empunya layanan tersebut sudah beberapa kali mendapatkan laporan serupa. Hanya saja mereka belum mampu meningkatkan keamanan Play Store, sehingga banyak pengembang aplikasi yang bisa berbuat curang yang merugikan pengguna Hp Android. Berikut 17 aplikasi yang dimaksud tersebut:

  1. Car Racing 2019
  2. 4K Wallpaper (Background 4K Full HD)
  3. Backgrounds 4K HD
  4. QR Code Reader & Barcode Scanner Pro
  5. File Manager Pro — Manager SD Card/Explorer
  6. VMOWO City: Speed Racing 3D
  7. Barcode Scanner
  8. Screen Stream Mirroring
  9. QR Code — Scan & Read a Barcode
  10. Period Tracker — Cycle Ovulation Women’s
  11. QR & Barcode Scan Reader
  12. Wallpapers 4K, Backgrounds HD
  13. Transfer Data Smart
  14. Explorer File Manager
  15. Today Weather Radar
  16. Mobnet.io: Big Fish Frenzy
  17. Clock LED

Meskipun iklan yang ditampilkan ini masih dalam kategori tidak berbahaya, akan tetapi cara licik ini dilakukan para pengembang aplikasi menyerupai cara kerja dari malware yang sering meresahkan.

“Mereka menunggu 48 jam sebelum menyembunyikan kehadiran mereka di perangkat, membagi kode-kode aplikasi ke berbagai file, dan menunda diri untuk menampilkan iklan hingga 4 jam setelah aplikasi diinstall,” tulis Bitdefender, dikutip dari laman KompasTekno.

Selain itu, ada lpaoran yang menyebutkan jika sejumlah pengguna Hp Android telah mencoba menginstall aplikasi yang dimaksud, dan mereka mengklaim jika kapasitas baterai smartphone mereka juga menjadi cepat habis

Baca juga: Realme UI Siap Dirilis, Inilah Hp Android Pertama yang Bisa Mencicipinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here