Belum Ada Solusinya! Aplikasi Android Berbahaya Ini Tak Dapat Dihapus

0
982
Copyright©Trafoz

Aplikasi Ini Tersembunyi dan Belum Bisa Dihapus Sampe Sekarang

Smeaker.com – Sebagai pengguna Smartphone yang baik, kita tidak sepantasnya memasang aplikasi secara sembarangan. Terlebih lagi tanpa adanya layanan Google Play Store, jelas saja sebagai pengguna harus ekstra hati-hati. Belum lama ini telah ramai diperbincangkan soal aplikasi Android berbahaya yang masih belum ditemukan solusinya.

Dan tingkat bahaya dari aplikasi berikut lebih tinggi dibandingkan pada umumnya. Sebab, bukan cuman bersembunyi saja sehingga sulit untuk ditemukan dan dilepas oleh pengguna. Melainkan aplikasi yang telah mengandung malware ini bisa terpasang kembali dengan sendirinya meski sudah dilepas sekalipun. Jelas saja ini menjadi kejadian yang mengerikan bagi pengguna HP Android.

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Sebaiknya Waspada Dengan Aplikasi ini!

Ketika pengguna sudah yakin telah menghapus aplikasi tersebut, selang beberapa lama setelahnya akan terpasang kembali. Dan jelas ini tanpa disadari oleh pengguna, karena mereka beranggapan kalau aplikasi Android berbahaya itu sudah dihapusnya.

Xhelper Apps
Copyright ©balog18

Dari laporan Periset Symantec, menjelaskan kalau aplikasi Android yang dimaksud ini bernama Xhelper dan sekarang ini telah menginfeksi lebih dari 45 ribu Smartphone Android. Dimana waktu untuk melakukan penyebaran virus ini berlangsung selama 6 bulan, dan terus meluas sampai sekarang ke seluruh Dunia.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2019, Gratis!

Mengutip dari media Mirror, sekarang ini masih belum ditemukan asalnya dan seperti apakah mekanisme yang digunakan oleh Xhelper untuk menginfeksi ponsel Android korban secara terus menerus. “Tidak ada sampel yang kami analisis tersedia di Play Store dan meski kemungkinan malware Xhelper didownload oleh user dari sumber tak diketahui, kami yakin itu bukan satu-satunya chanel distribusinya,” jelas Symantec.

Dampak yang akan dibawa oleh aplikasi Xhelper paling mudah diketahui yakni penayangan iklan secara tidak wajar. Misal ketika kalian sedang berada di home dan baru ganti tab ke sebelah untuk mencari aplikasi, tiba-tiba muncul iklan 1 layar penuh.

Aplikasi Android berbahaya ini tidak bisa ditemukan dengan mudah, karena bisa menyembunyikan dirinya dengan baik. Dan tidak bisa dihapus seperti apapun caranya, bahkan ketika pengguna sudah melakukan Factory Reset sekalipun.

baca juga: Hapus Sekarang Juga, Puluhan Aplikasi Antivirus di HP Android ini Berbahaya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here