Pemerintah Resmi Terapkan Blokir Ponsel Black Market di Indonesia, Punyamu Termasuk?

0
627
Copyright©Berita

Regulasi Blokir Ponsel Black Market di Indonesia Mulai Efekif Tahun Depan

Smeaker.com – Setelah beberapa waktu lalu sempat ditunda, akhirnya pemerintah Indonesia mengesahkan Peraturan baru yang mengatur tentang pemblokiran Ponsel Black Market (ilegal) yang ada di Indonesia.

Pemblokiran ini berdasarkan dari nomor IMEI yang dimiliki oleh Ponsel Black Market tersebut. Peraturan ini telah ditandatangani Menkominfo Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan juga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito di kantor Kementrian Perindustrian di Jakarta.

Baca juga: Redmi Note 8 Pro Juga Dirilis Dengan Spesifikasi Lebih Mantap, Harganya?

“Saya ucapkan terima kasih kepada tiga kementerian sehingga aturannya terintegrasi. Kami bertiga melihat untuk memastikan bahwa pendapatan pemerintah tidak terganggu dari ponsel,” kata Menkominfo Rudiantara, dikutip dari laman KompasTekno.

Copyright©kompasTekno

Sebelum menerapkan kebijakan pemblokiran pada Ponsel Black Market tersebut, sebelumnya pemerintah melakukan konsultasi publik melalui draft yang diterbitkan oleh pihak Kemenkominfo pada bulan Agustus 2019 kemarin.

Baca juga: Punya Layar Berlubang, Hp Android Ini Dijual Cuma Rp 1 Jutaan!

Seperti yang kita ketahui, jika IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah nomor unik yang ada 15 digit dan dimiliki oleh setiap smartphone guna kepentingan identifikasi pada saat terhubung pada jaringan seluler.

Lantas untuk cara kerja pemblokiran Ponsel Black Market ini dilakukan oleh pihak Operator Seluler dengan cara mencocokan IMEI smartphone yang telah terhubung pada jaringannya dengan database ponse resmi yang telah disimpan pihak Pemerintah Indonesia.

Jika nantinya nomor IMEI ini tidak ditemukan dalam database pemerintah tersebut dikarenakan melalui jalur ilegal, maka Ponsel Black Market tersebut bakal langsung kena blokir oleh pihak operator seluler dengan tidak memberkan izin tersambung.

Peraturan Menteri soal pemblokiran Ponsel Black Market mellaui IMEI ini muali berlaku dalam 6 bulan sejak tanggal penadndatanganan. Maka jika dihitung kebijakan ini bakal efektif pada tanggl 18 April 2020 mendatang.

Baca juga: Punya 5 Kamera, Harga Redmi Note 8 di Indonesia Cuma Rp 1 Jutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here