Aplikasi WhatsApp Berpotensi Terblokir di Indonesia?

0
550
Copyright©Brilio

Layanan Sosial Media Seperti WhatsApp Bisa diblokir di Indonesia

Smeaker.com – Ada kabar menarik lagi dari aplikasi pesan instant paling populer didunia yakni WhatsApp, dimana kabar ini tidak berasal dari luar negeri, melainkan berasal dari negara kita sendiri yakni Indonesia.

Seperti dilaporkan oleh laman Inet.Detik beberapa waktu lalu, Alfons Tanujaya menyebutkan jika RUU KKS (Rancangan Undang-undang Keamanan dan Ketahanan Siber) tersebut jadi di sah kan, maka bakal terjadi ketidak sanggupan menanggapi masahah yang ditimbulkan.

Baca juga: Berbahaya, Jangan Langsung Buka Jika Dapat Pesan WhatsApp Seperti Ini!!!

Alfons menyebutkan, jika badan yang mendapatkan mandat tersebut dikhawatirkan belum siap menjalankan tugasnya dengan baik, pada saat tiba saatnya nanti. Hal ini dikarenakan sejumlah aplikasi penting dan juga produktif (WhatsApp Salah satunya) yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia belum memiliki penggantinya.

Copyright©Brilio

Lalu Alfons memandang jika pengawasan dan juga pembatasan yang tercantum didalam RUU KKS ini mengambil skema mirip dengan negara China yang tidak memperbolehkan WhatsApp disana. Dan Alfons berpendapat jika di Indonesia belum bisa menerapkan hal tersebut, karena jaringan internet yang ada di Indonesia telah terhubung ke Internet dunia.

Baca juga: Oppo K5 Dirilis dengan 5 Kamera, Harganya Bikin Pengen!

“Selain itu, layanan aplikasi populer semuanya menggunakan layanan yang terpusat di negara lain seperti WhatsApp, Google, Telegram, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Misal Google Maps. Apakah pemerintah siap, layanan seperti Gojek, Grab dan lainnya yang memanfaatkan Google Maps lumpuh? Atau aplikasi yang pakai Facebook sebagai layanan login jadi lumpuh karena Facebook diblokir? Internet sudah menjadi suatu jaringan global yang tidak bisa diatur-atur dengan mudah,” ujar Alfons.

Jika pemerintah Indonesia melakukan pemblokiran WhatsApp, Facebook, hingga Instagram beberapa waktu lalu hanya sesaat memang bisa. Namun jika dalam panjang sepertinya tidak bisa dilakukan, karena hingga saat ini belum ada layanan yang bisa menggantikan platform besar seperti Facebook, Google, hingga Microsoft saat ini.

Baca juga: Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Main WhatsApp Setiap Hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here