Ratusan Akun Facebook di Indonesia Telah Dihapus, Cek Punyamu Sekarang!

0
808
Copyright©Motherjones

Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu di Indonesia

Smeaker.comFacebook merupakan sosial media yang masih laris manis digunakan saat ini, tak terkecuali warga Indonesia. Selain dijadikan sebagai ajang berbagi cerita, namun Facebook juga menjadi peluang untuk pasar online yang cukup menjanjikan.

Berbicara soal Facebook, kali ini kita punya kabar yang cukup menggemparkan. Dimana kabarnya Facebook telah menghapus banyak sekali akun yang berasal dari Indonesia. Wah kenapa ya?

Baca juga: Buruan Hapus, Puluhan Aplikasi Android Terinveksi Virus Berbahaya!!!

Jangan kaget dulu, hal ini dilakukan oleh Facebook guna memerangi akun-akun palsu dan berbagai pages maupun grup radikal yang beroperasi didalam laman sosial media miliknya tersebut.

Copyright©Motherjones

Baru-baru ini, pihak Facebook disebut telah menghapus ratusan akun palsu yang sebagian diantaranya dianggap telah melancarkan gerakaan terkoordinasi guna mendukung soal upaya separatisme di daerah Papua Barat.

Baca juga: Buruan Beli, 2 Hp Android Dengan Kamera Bokeh Ini Turun Harga Makin Murah!

Sebagian lainnya dari akun Facebook yang telah berhasil dihapus tersebut ada kaitannya dengan berlawanan dan mengkritisi pergerakan kemerdekaan tersebut. Berikut keterangan dari salah satu petinggi Facebook.

“Orang-orang di belakang jaringan ini menggunakan akun palsu untuk mengelola Pages, menyebarkan konten, dan mengalihkan pengguna ke situs lain,” tulis Nathaniel Gleicher, Head of Security Facebook, dikutip dari laman Kompastekno.

Unggahan akun acebook palsu ini ditulis dalam bahasa Indonesia serta bahasa Inggris. Meskipun para pemilik akun tersebut menyamarkan identitasnya, pihak Facebook sangat jeli dan menemukan keterkaitan antara akun-akun palsu ini dengan perusahaan media InsightID yang berasal dari Indonesia.

Untuk jumlah akun Facebook palsu yang telah berhasil mereka hapus ini mencapai 69 akun, 42 pages, dan juga 34 akun Instagram. Untuk dua Pages yang dihapus ini memiliki nama Papua West dan juga West Papua Indonesia.

Yang lebih kerennya lagi, sejumlah akun Facebook palsu ini sampai berani membelanjakan lebih dari USD 300.000 atau setara Rp 4.2 Miliar guna memaksimalkan penyebaran kontennya melalui Facebook Ads.

Tak hanya di Indonesia saja, namun Facebook juga telah menghapus para jaringan akun palsu ini yang tersebar di beberapa negara besar, seperti Nigeria, Uni Emirat Arab, serta Mesir.

Baca juga: Cara Agar Main Facebook Tidak Boros Internet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here