Google Berikan Uang Rp 13 Juta Pada Pengguna iPhone, Kenapa?

0
1414
Copyright©Pocket-Lint

Google Dituding Melanggang Privasi Pengguna iPhone

Smeaker.com iPhone merupakan sebuah smartphone keren karya dar perusahaan Apple. Ponsel yang satu ini selalu identik dengan kelas premium, tidak hanya karena tampilannya saja, namun harga jual dari ponsel ini memang sangat tinggi dipasaran.

Namun ada kabar menarik kali ini, dimana sejumlah pengguna ponsel iPhone di Inggris dengan rentang waktu 2011-2012 bakal mendapatkan uang dari Google senilai 750 Poundsterling atau setara dengan Rp 13 jutaan. Kok bisa?

Baca juga: Buruan Hapus, Puluhan Aplikasi Android Terinveksi Virus Berbahaya!!!

Hal ini merupakan sebuah hasil dari gugatan class action kepada Google di negara Inggris terkait dengan adanya pengaturan privasi dalam browser Safari. Dalam gugatannya disebutkan, jika pihak Google dituding telah melewati pengaturan privasi dalam browser Safari dalam perangkat iPhone, dan pelanggaran tersebut terjadi sekitar bulan Agustus 2011 hingga Februari 2012.

Copyright©Pocket-Lint

Gugatan terhadap Google ini sendiri didaftarkan oleh kelompok yang menamakan dirinya sebagai ‘Google, You Own Us’, dimana mereka menuding jika Google bisa saja mengambil sejumlah informasi pribadi dari pengguna iPhone.

Baca juga: Buruan Beli, 2 Hp Android Dengan Kamera Bokeh Ini Turun Harga Makin Murah!

“Kami percaya Google mengambil data personal jutaan pengguna iPhone secara ilegal pada 2011 dan 2012. Google melakukan ini dengan melewati pengaturan privasi bawaan di browser Safari di iPhone. Cara ini disebut sebagai ‘the Safari Workaround’,” tulis Google You Owe Us dikutip dari laman Inet.Detik.

Seperti yang disampaikan oleh laman Phone Arena, nantinya data yang didapatkan tersebut dikumpulkan dalam berbagai grup berbeda, seperti penggemar sepakbola dan sejenisnya. Nantinya, grup tersebut bakal dijadikan sebagai target iklan sesuai dengan produk yang telah di iklankan.

Dalam gugatan yang terjadi di Amerika serikat, pihak Google telah kalah dan mereka dikenakan denda sebesar USD 39,5 juta. Sementara itu di Inggris, Google juga kalah dan mendapatkan denda yang lebih besar yakni 3.2 Miliar Poundsterling.

jika uang tersebut dibagi lebih dari 5.4 juta pengguna iPhone di Inggris selama tahun 2011-2012, maka nantinya setiap orang bisa mendapatkan sekitar 750 Poundsterling atau mencapai Rp 13 jutaan nantinya.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone Murah dan Jadwal Rilis, Harganya Cuma Segini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here