Ada Penyusup, Hapus 2 Aplikasi Berbahaya ini dari Hp Android Kalian!

0
640
Copyright©Selular

Aplikasi Android Mengandung Adware Diunduh Lebih dari 1.5 juta kali

Smeaker.com – Lagi-lagi, Google selaku perusahaan yang memiliki platform Android ini telah membersihkan sejumlah aplikasi nakal yang nongol di toko aplikasi miliknya yakni Play Store.

Yang terbaru, ada dua aplikasi yang sudah di install lebih dari 1.5 juta kali oleh pengguna Hp Android, kini telah dihapus oleh Google melalui toko aplikasi miliknya. Hal ini dikarenakan, kedua aplikasi tersebut diketahui menjalankan iklan pop-up yang bisa merugikan pengguna nantinya.

Baca juga: Vivo V17 Pro Resmi Dirilis Dengan Kamera 48 MP, Segini Harganya!

Dua aplikasi yang dimaksud ini adalah Sun Pro Beauty Camera yang sudah di download lebih dari 1 juta kali pengguna Hp Android, dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera yang telah di download lebih dari 500 ribu kali.

Copyright©rancahpost

Sebuah perusahaan keamanan seluler bernama Wandera, telah berhasil menemukan adanya adware didalam dua aplikasi tersebut yang disinyalir membahayakan bagi data pengguna Hp Android. Maka dari itu ia pun meminta kepada pengguna smartphone segera menghapus kedua aplikasi tersebut jika memilikinya.

Baca juga: Inilah 4 hp Android Rp 1 Jutaan Dengan Baterai Jumbo, Pilih Mana?

Seperti layaknya aplikasi berbahaya lain, nantinya ikon dari aplikasi tersebut bakal langsung hilang dari app drawer pada saat di install. Dan bahkan meski pengguna telah menghapus shortcut, maka aplikasi ini bakal tetap menayangkan iklan di background Hp Android.

Aplikasi Sun Pro Beauty Camera setelah di install dalam smartphone, mereka bakal bekerja untuk menutup iklan full screen meskipun aplikasi tidak digunakan. Sementara untuk aplikasi Funny Sweet Beauty Selfie Camera bakal menayangkan iklan secara penuh dalam Hp Android setelah foto di saring dan diunduh menggunakan aplikasi tersebut.

“Adware biasanya dipandang sebagai gangguan bagi end user. Namun, adware seluler dapat membunuh produktivitas yang mengarah ke dampak yang lebih serius bagi bisnis. Iklan yang tidak menarik di luar aplikasi mengganggu pengguna di tengah-tengah alur kerja mereka, menutup perangkat, mengeringkan baterai perangkat, dan dalam beberapa kasus perangkat yang terinfeksi perlu diganti,” kata pihak Wandera, dikutip dari laman Phone Arena.

Wandera pun melaporkan kedua aplikasi ini ke Google, dan mereka pun langsung merespon dengan menghapusnya dari Play Store agar tidak menjangkit pengguna Hp Android lain nantinya.

Baca juga: 5 Aplikasi Dewasa Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Udah Coba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here