Sering Begadang? Hati-hati Bahaya Ini

0
332
Copyright©Dokter Sehat

7 Bahaya yang Mengancam Jika Sering Begadang

Smeaker.com – Begadang rasanya sudah jadi hal yang diakrabi banyak orang ya. Bukan cuma pekerja kantoran yang mengejar deadline, tapi juga penyuka tekno terkini. Masih ingat kan Apple Event yang  baru diadakan kemarin? Perbedaan zona waktu membuat para fanboy di Indonesia rela begadang demi mendapatkan update terkini soal produk besutan Apple itu.

Padahal, begadang bukan kebiasaan baik. Ancaman apa saja yang ada di balik begadang?

1. Mengganggu jam biologis tubuh

Copyright©klikDokter

Jam biologis merupakan waktu saat organ tubuh akan bekerja dengan baik. Misalnya saat kita makan dan tidur maka organ tubuh akan melaksanakan tugasnya secara berbeda. Oleh karena itu banyak orang yang menyarankan tidak langsung tidur sesudah makan karena mengganggu jam biologis, demikian juga dengan begadang.

Saat kita begadang tubuh kita akan dipaksa untuk tetap aktif, padahal sudah waktunya tubuh untuk istirahat. Beberapa organ tubuh yang dipaksa untuk bekerja tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan fisik bahkan kesehatan mental kita. Sering kita temui mereka yang sering begadang menjadi mudah lelah, stres, dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

2. Mengacaukan jam tidur

Copyright©Hello Sehat

Karena begadang sudah menjadi rutinitas, hari-hari berikutnya ketika kita ingin tidur lebih cepat menjadi sulit. Walau sudah melewati tengah malam tubuh tetap bugar dan kita tidak mengantuk. Bahkan hingga menjelang pagi kita menjadi sulit tidur dan membuat badan menjadi lemas. Karena tidak mampu memenuhi jatah tidur 7 hingga 8 jam sehari, organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.

3. Mengganggu aktivitas harian

Copyright©Tribunnews

Tidur yang cukup di malam hari adalah salah satu istirahat yang paling kita butuhkan jika memiliki aktivitas padat seharian. Dengan tidur sebanyak 7 hingga 8 jam sehari kita akan memiliki tubuh yang bugar serta konsentrasi yang baik saat bekerja.

Namun jika kita sering begadang, kebiasaan tersebut akan berpengaruh pada kemampuan kita untuk produktif. Dampak negatif yang kita rasakan saat begadang adalah suasana hati atau emosi yang tidak stabil, kurangnya kemampuan untuk berpikir, tidak bisa merespon dengan cepat, serta tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

4. Mudah sakit

Copyright©Okezone

Kekebalan tubuh akan berkurang karena kita sering begadang. Tubuh yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup akan menyebabkan mudah terserang infeksi. Biasanya beberapa organ tubuh akan melakukan detoksifikasi pada kelenjar bening sekitar jam 9 hingga 11 malam.

Oleh karena itu menjaga jam biologis dengan cara tidur tepat waktu adalah hal yang baik bagi sistem imun tubuh kita. Jika kita memaksakan diri untuk tidur di atas jam 11 malam, maka kita akan terserang berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit kronis.

5. Mengganggu kinerja jantung

Copyright©AloDokter

Tidur di atas jam 11 malam bisa mengancam kesehatan jantung, seperti peningkatan risiko kardiovaskular. Hal ini menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Distribusi oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh juga akan terganggu, sehingga organ tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu tidur yang cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Memicu penyakit kanker

Copyright©Kompas

Selain penyakit jantung, sering begadang bisa menyebabkan penyakit kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mereka yang sering tidur di atas jam 11 malam memiliki hormon melatonin yang sedikit. Rendahnya hormon tersebut erat kaitannya dengan risiko terkena kanker sebagai salah satu penyakit kritis.

7. Obesitas

Copyright©SehatQ

Bagi mereka yang suka begadang biasanya mengalami kelebihan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh menjadi mudah lapar dan hasrat untuk makan meningkat. Jika dilakukan dalam jangka panjang tentu tubuh yang kelebihan berat badan bisa menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Tuntutan pekerjaan memang selalu memaksa kita untuk terus bekerja hingga larut malam. Melihat risiko tinggi dari begadang tentu kita memerlukan perubahan gaya hidup. Mulai dari makan makanan bergizi, mengatur pola tidur, serta memperbaiki gaya hidup dengan berolahraga.

Selain itu kita boleh saja untuk menggunakan asuransi, agar menjamin kehidupan kita tetap baik di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, coba kunjungi  Lifepal yang menyediakan banyak informasi tentang asuransi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here