Gawat, Ada Jebakan ‘Joker’ Ancam Pengguna HP Android di Indonesia!

0
324
Copyright©Istimewa

Pengguna HP Android di 37 Negara Di Intai Malware Joker

Smeaker.com – Mungkin sering kali dari kita mendengar istilah yang namanya ‘jebakan Batman’? namun sepertinya kini kita perlu mewaspadai dengan yang namanya ‘Jebakan Joker’ yang notabene dalam serial komik karangan DC merupakan musuh dari Batman.

Sebuah perusahaan riset keamanan cyber bernama CSIS Security telah berhasil mendeteksi sebuah malware baru yang diberi nama ‘Joker’, dimana malware ini diketahui mengancam para pengguna HP Android.

Baca juga: Jelang Diluncurkan, Lembar Spesifikasi Samsung Galaxy M30s Beredar!

Malware ini telah menyusup pada puluhan aplikasi berbahaya yang ada di dalam Play Store. Gawatnya lagi, angka unduhan dari aplikasi tersebut telah lebih dari 472.000 kali oleh para pengguna HP Android.

Copyright©Istimewa

Seperti dilaporkan oleh laman SC Magazine, jika malware joker ini bisa saja mencuri pesan SMS, informasi HP Android pengguna, serta daftar kontak didalamnya. Yang lebih ngeri, malware ini juga bisa mendaftarkan perangkat pada layanan premium yang tentunya bakal merugikan pengguna nanti.

Baca juga: Ada Kabar Baik Buat Kalian Pengguna Smartphone Xiaomi!

“Joker berinteraksi dengan website iklan-iklan untuk menghasilkan klik palsu dan mendaftar layanan premium tanpa sepengetahuan korban,” Kata Aleksejs Kuprins, analis malware CSIS Security, dikutip dari laman Inet.Detik.

Diketahui, jika malware Joker ini telah menyebar ke pengguna HP Android di 37 negara besar, salah satunya Indonesia. Kuprins menambahkan jika Google mengetahui adanya malware tersebut. Tercatat ada 24 aplikasi yang berisi malware Joker tersebut dan telah dihapus oleh Google.

Nah terkait masalah ini, CSIS Security pun menghimbau kepada para pengguna HP Android agar lebih mewaspadai terkair izin yang diminta oleh aplikasi apapun yang hendak mereka install.

“Selalu memperhatikan daftar izin apa saja yang diminta di aplikasi yang kalian instal pada perangkat Android kalian,” pungkas Kuprins.

Baca juga: Bisa Dibajak, Hati-hati Jika Kalian Dapat SMS Seperti Ini di HP Android!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here