Bisa Dibajak, Hati-hati Jika Kalian Dapat SMS Seperti Ini di HP Android!

0
23112
Copyright©Daily Express

Hacker Manfaatkan Celah di HP Android Untuk Sebarkan Phishing

Smeaker.com – Ada laporan terbaru, dimana terdapat celah keamanan didalam HP Android yang diketahui sangat rentan untuk dimanfaatkan para pelaku hacker yang bisa membajaknya cukup melalui SMS.

Sebuah perusahaan keamanan cyber bernama Check Point Research (CPR) yang telah berhasil mengungkap celah keamanan pada HP Android tersebut. Menurut CPR, para hacker jahat bisa saja mencuri alamat email kalian cukup dengan menggunakan SMS Palsu.

Baca juga: 3 Smartphone Murah Dibawah Rp 1 jutaan Terbaik Layak Dibeli!

Nah SMS palsu ini memang sengaja dirancang khusus guna mencegat semua lalu lintas email kali dari dan kedalam smartphone. Metode yang digunakan para hacker ini adalah memanfaatkan proses layanan over-the-air (OTA), melalui sebua operator jaringan seluler yang bisa menyebarkan pengaturan jaringan khusus pada ponsel baru yang bergabung pada jaringan mereka.

Copyright©Daily Express

Seperti yang dilaporkan oleh laman Globe News Wire, dimana pihak CPR telah berhasil menemukan jika standar penyedia layanan OTA di Industri, Open Mobile Alliance Client Provisioning, termauk diantaranya metode autentikasi terbatas.

Baca juga: Didukung Kamera 48 MP, Hp Android Ini Dijual Murah!

Para penjahat Cyber ini bisa saja menyamar jadi operator jaringan serta mengirim pesan palsu kepada pengguna HP Android. Pesan ini bersifat menipu agar nantinya mereka mau menerima pengaturan berbahaya mereka.

“Mengingat popularitas perangkat Android, ini adalah kerentanan kritis yang harus segera diatasi. Tanpa autentikasi yang lebih kuat, mudah bagi hacker melakukan serangan phishing lewat OTA. Ketika pengguna menerima SMS palsu, mereka tidak bisa membedakan apakah itu dari sumber yang tepercaya atau tidak. Dengan klik ‘terima’, mereka bisa membiarkan hacker masuk ke ponsel mereka,” Ujar Slava Makkaveev, salah satu peneliti keamanan CPR, dikutip dari laman Inet.Detik.

Temuan yang berhasil dilakukan oleh CPR ini pun disampaikan langsung kepada para produsen HP Android. Samsung dan LG pun langsung merilis update untuk mengatasi celah keamanan tersebut, lalu Huawei juga serta menyertakan perbaikan UI, sementara Sony menolak mengakui laporan tersebut, dan mereka menyatakan jika perangkatnya sudah sesuai dengan OMA CP.

Baca juga: Samsung Galaxy A50s Sudah Bisa Dipesan Sekarang, Segini Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here