Alasan Kenapa Ponsel Black Market Belum Diblokir Saat Ini!

0
470
Copyright©Tribunnews

Pemblokiran Ponsel Black Market Dibutuhkan Waktu 6 Bulan

Smeaker.com – Seperti yang sempat kita ulas beberapa waktu lalu, dimana pemerintah Indonesia telah memberikan aturan baru mengenai keberadaan Ponsel Black Market di Indonesia mulai tangga 17 Agustus 2019 kemarin.

Dalam aturannya tersebut, smartphone BM yang belum terdaftar hingga tanggal 17 Agustus, maka bakal diblokir oleh pemerintah. Pemblokiran ini terjadi pada bagian sinyal jaringan seluler, dimana tidak akan mendapat layanan dari operator seluler.

Baca juga: Ngerii… HP Android ini Dirilis Dengan Baterai 13.000 mAh, Harganya?

Namun ternyata, penandatanganan untuk aturan Ponsel Black Market ini masih terkendala, sehingga belum disahkan hingga saat ini. Salah satu kendalanya adalah koordinasi antara tiga kementrian yakni Kominfo, Kemenprin, serta Kemendag.

“Cari waktu ketemu bapak-bapak (dari tiga kementerian) untuk tanda tangan bareng”, ujar Dirjen SDPPI, Ismail MT.

Copyright©Tribunnews

Ismail menambahkan, jika sebenarnya tidak ada kendala mayor menegnai penetapan aturan baru untuk Ponsel Black Market tersebut, termasuk mengenai perancangan draft Peraturan Menteri yang disebut Ismail hampir selesai.

Baca juga: Jangan Kehabisan, HP Android Oppo Dapat Potongan Harga Makin Murah Disini!

Peraturan Menteri soal Ponsel Black Market ini sebenarnya dijadwalkan bakal diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2019 silam, namun gingga hari ini, Kamis (22/8/19) peraturan itu masih belum diresmikan.

“Kapannya belum bisa jawab, masih nunggu bapak-bapak menteri,” lanjut Ismail.

Ismail menambahkan, meskipun nantinya peraturan soal Ponsel Black Market ini diresmikan pada bulan Agustus 2019. Namun masih butuh waktu sekitar enam bulan untuk bisa mengimplementasikan kebijakan baru yang mereka buat tersebut.

Waktu ini dibutuhkan, karena setidaknya ketiga kementrian tersebut diharuskan mempersiapkan delapan hal, diantranya persiapan mesin SIRINA, penyiapan database IMEI, pelaksanaan tes, sinkronisasi data operator seluler, sosialisasi, penyiapan SDM, SOP tiga kementerian, dan penyiapan pusat layanan konsumen.

Artinya, jika penandatanganan ini dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2019 kemarin, maka pemblokiran Ponsel Black Market sepenuhnya bakal dimulai pada tanggal 17 Februari 2019 nantinya.

Baca juga: Resmi Dirilis, Harga Xiaomi Mi A3 Dibanderol Segini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here