Pengguna WhatsApp Indonesia Bakal Dapat Layanan Pembayaran Digital, Seperti Apa?

0
398
Copyright©Istimewa

WhatsApp Pay Rilis di Indonesia Akhir Tahun ini?

Smeaker.com – Aplikasi pesan instant terpopuler saat ini yaitu WhatsApp, dikabarkan sedang dalam pembicaraan bersama dengan pemerintah Indonesia mengenai layanan pembayaran digital yang akan mereka lakukan.

Kabar ini pertama kali muncul tak lama setelah pihak Bank Indonesia merilis stadar QR Code untuk sistem pembayaran di Indonesia. Namun dari sumber yang mengetahui hal ini mengatakan, jika WhatsApp tidak akan membuat layanan pembayaran digital secara mandiri.

Baca juga: Wajib Kamu Lakukan, Begini Cara Tangkal Peretasan di Whatsapp!

Dimana pihak WhatsApp disebut bakal menggandeng para pemain e-wallet lokal yang sudah ekses di Indonesia. Untuk layanan pembayaran yang akan mereka gunakan nantinya bukan seperti model Peer-to-peer payment seperti yang digunakan oleh Ovo, Go-Pay, maupun Dana.

Copyright©Istimewa

Hal ini dikarenakan ketatnya regulasi serta lisensi yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia guna menggelar layanan dompet digital seperti mereka. Dengan begini maka untuk konsep digital payment WhatsApp di indonesia bakal berbeda dengan yang ada di India.

Baca juga: Kesalahan Konyol yang Bikin Akun WhatsApp Bisa Diblokir

Untuk Mobile Payment WhatsApp ini sendiri kemungkinan bakal menggandeng sejumlah ‘pemain lama’ yang sudah mendapatkan lisensi dari pemerintah Indonesia, seperti Ovo, Go-Pay,hingga Dana.

Sebelumnya, WhatsApp Pay telah dilakukan uji coba pada tahun 2018 di negara India. Dimana layanan ini telah memenuhi persyaratan dari Reserve Bank of India, salah satunya adalah membangun pusat di negara tersebut.

Dan pada bulan Juli 2019 kemarin, layanan WhatsApp Pay ini juga telah mulai menjalani Audit yang dilakukan sejumlah pihak berwenang di India, diantaranya adalah Computer Emergency Response Team (CERT-IN).

Di Indonesia sendiri, untuk layanan pembayaran digital WhatsApp ini sendiri kabarnya bakal berlangsung mulai akhir tahun 2019. Namun belakangan berhembus kabar jika jadwal tersebut bisa saja molor karena menunggu penyelenggaraan perdana di India.

Baca juga: Stop Sekarang Juga, Ini Bahaya Sering Pindahkan Akun WhatsApp di Beberapa Ponsel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here