Wajib Kamu Lakukan, Begini Cara Tangkal Peretasan di Whatsapp!

0
824
Copyright©Forbes

Peretasan Chat Whatsapp Sangat Berbahaya Jika Dibiarkan

Smeaker.com – Seperti kita ketahui bersama, jika celah keamanan didalam aplikasi Whatsapp yang sering dimanfaatkan untuk membajak isi pesan memang sangat berbahaya. Hal ini memungkinkan para hacker bisa mensabotase isi pesan yang akan diterima oleh pembaca.

Sebelumnya ada kabar, dimana aplikasi Whatsapp memiliki celah keamanan siber yang bisa dimanfaatkan para hacker untuk mengubah isi pesan yang telah dikirimkan seseorang.

Baca juga: Waspadalah Jika Kalian Mendapati Tanda ini di Aplikasi WhatsApp!

Celah keamanan tersebut juga bisa menipu pengguna agar percaya jika mereka memang mengirim pesan Whatsapp pribadi tersebut kepada orang lain, padahal mereka mengirimnya kedalam obrolan grup.

Copyright©Forbes

Selain itu, celah keamanan yang ada didalam Whatsapp ini juga diperparah dengan bisa diubahnya identitas pengirim pesan dengan menggunakan fungsi kutipan ataupun Quote. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

Baca juga: Promo Kemerdekaan, Puluhan HP Android Samsung Dapat Potongan Harga Besar!

Victor Chebyshev, selaku peneliti keamanan di Kaspersky memberikan saran agar pengguna Whatsapp selalu mengkonfirmasi pesan serta melakukan pembaruan aplikasi secara rutin, hal ini dimaksudkan untuk menutup celah keamanan yang berbahaya tersebut.

“Kami sangat menyarankan untuk terus memerhatikan kapan pembaruan WhatsApp dirilis dan segera lakukan pengunduhan versi terbaru agar tetap aman,” kata Victor dikutip dari laman CNN Indonesia.

Ia melanjutkan, jika celah keamanan ini tidak bisa disepelekan, harus benar-benar diperhatikan karena banyak sekali potensi kejahatan akibat celah keamanan didalam WhatsApp tersebut. Namun dengan catatan bukan berati kita harus berhenti menggunakan aplikasi milik anak perusahaan Facebook tersebut.

“Kami sangat menyarankan untuk terus mengawasi kapan pembaruan WhatsApp dirilis dan segera lakukan pengunduhan versi terbaru agar tetap aman,” lanjut Victor.

Dikhawatirkan jika nantinya pesan palsu ini dibiarkan bisa mengakibatkan kerusuhan. Maka dari itu, sebaiknya para pengguna WhatsApp melakukan konfirmasi kepada pengirim jika merasa ada yang mencurigakan dalam chat tersebut.

Baca juga: Kesalahan Konyol yang Bikin Akun WhatsApp Bisa Diblokir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here