Waspadalah, Jangan Klik Link Sembarangan yang Dikirim di Smartphone Kalian!

0
607
Copyright©Komando

Klik Link Sembarangan di Smartphone Rawan Terkena Hack

Smeaker.com – Baru-baru ini lagi viral pemberitaan tentang seorng netizen yang menjadi korban hack atau disadap pada bagian fitur kamera Smartphone, dimana hal ini bermula pada saat dirinya mengakses sebuah link yang ia dapatkan.

Terkait hal tersebut, Alfons Tanujaya seorang pengamar sekuriti dan Aplikasi Finansial Vaksincom mengatakan, jika ia membenarkan terkait kemungkinan semacam itu. Dan bahkan ia juga menegaskan kepada para pengguna Smartphone mengenai pentingnya mewaspadai setiap link atau tautan yang mereka terima, terlebih dari orang tidak dikenal.

Baca juga: Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Beli HP Android Xiaomi Resmi!

“Jelas memungkinkan kalau mau menyadap lewat link. Link kan dengan mudah bisa diarahkan ke mana saja. Salah satunya menjalankan keylogger atau trojan. Link itu juga mudah disamarkan dengan url shortener (pemendek url) seperti bit.ly sehingga tidak ketahuan sebenarnya apa yang ada di balik link itu” Tulis Alfons melalui pesan singkat, dikutip dari laman Inet.Detik.

Copyright©Komando

Dalam kasus yang sedang viral di sosial media Twitter tersebut, Alfons menduga jika terdapat unsur rekayasa sosial, dimana bisa jadi dengan alasan teman si korban ini berpura-pura minta pertolongan.

Baca juga: Waspadalah Jika Kalian Mendapati Tanda ini di Aplikasi WhatsApp!

Dan pastinya hal tersebut bisa membuat pemilik smartphone dengan mudah percaya, lalu mengklik link tersebut, lalu memberikan persetujuan aktivasi kamera dan lainnya yang diminta.

Belajar dari kasus yang sedang viral tersebut, Alfons pun memberi peringatan kepada pemilik smartphone agar lebih waspada dalam mengakses sebuah link yang tidak diketahui keamanannya. Dengan kata lain, jangan gampang kepo dengan tautan yang kalian terima dan tidak diketahui sumbernya dengan jelas. Lalu bagaimana cara menceganya?

“Kalau mau tahu, buka, saya di browser PC. Akan lebih mudah kelihatan. Kalau di smartphone kadang memang link di desain sedemikian rupa sehingga korban yang menggunakan HP terkecoh. Kan layarnya kecil dan terbatas sehingga tidak semua informasi terlihat,” lanjut Alfons.

Baca juga: HP Android Sejutaan Dengan Spesifikasi Handal dan Baterai Besar di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here