Waduh, HP Android Xiaomi dan HTC Terancam Diblokir, Kenapa?

0
4621
Copyright©Android Police

HP Android Xiaomi dan HTC Dianggap Langgar Hak Paten

Smeaker.com – Xiaomi dan HTC merupakan dua vendor HP Android yang cukup populer di berbagai belahan dunia, dimana perangkat mereka memang selalu menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan smartphone murah dengan kualitas yang mantap.

Namun kali ini ada kabar buruk bagi anda penggemar HP Android dari dua vendor tersebut, khususnya bagi mereka yang berada di Negara Inggris. Pasalnya penjualan perangkat dari kedua vendor itu telah dihentikan saat ini, kenapa?

Baca juga: Harganya Terjangkau, 4 Fitur Andalan Vivo Z1 Pro ini Membuatnya Layak Dibeli!

Untuk perangkat HTC penjualannya yang dihentikan adalah HTC Desire 12, Desire 12 Plus, dan Desire 2s. Sementara untuk HP Android Xiaomi yang dihentikan penjualannya adalah Mi Mix 3, keempatnya dilarang karena dinilai telah melanggar paten milik IPCom.

Copyright©tech Advisor

Sebelumnya, tiga HP Android milik HTC tersebut telah terbukti melakukan pelanggaran hak paten milik perusahaan manajemen property intelektual dan lisensi paten tersebut. Parahnya, pihak HTC tidak mematuhi persetujuan yang telah dicapai kedua belah pihak.

Baca juga: Xiaomi Dipastikan Garap Redmi Note 8 Dengan kamera 64 MP, Seperti Apa?

Kasus ini sendiri bermula pada tahun 2012 silam, dimana ketika IPCom telah menggugat HTC pada pengadilan dengan tuduhan pelanggaran Patent 100A miliknya. Paten yang dimaksud tersebut berisi teknologi yang mengatur tentang bagaimana sebuah HP Android bisa terhubung ke jaringan, memprioritaskan panggilan darurat, dan lain sebagainya.

Seperti yang disampaikan oleh laman Techradar, saat itu pengadilan mengabulkan tuntutan IPCom terhadap HTC, dan mereka pun menyetujui putusan dari pengadilan. Pihak HTC pun mengikuti putusan ini agar mereka bisa menjual HP Android miliknya.

Akan tetapi pada tahun 2019 ini dikabarkan jika HTC tak lagi mengikuti putusan persidangan lalu, dan kini mereka terancam tak bisa menjual deretan HP Android miliknya diatas tadi di Negara Inggris.

Selain HTC, rupanya kasus yang sama juga menyandung HP Android milik Xiaomi yakni Mi Mix 3. Dan IPCom pun juga mengajukan gugatannya, dengan tuntutan kepada Xiaomi agar membayar sejumlah biaya untuk bisa menggunakan paten tersebut.

Baca juga: Resmi Rilis di Indonesia, Harga Redmi 7A Dijual Cuma Rp 1 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here