Ayo Segera Cek Smartphone Kamu, Termasuk Ponsel BM Bukan?

0
470
Copyright©Beritasatu

Situs Dari Kemenprin Untuk Periksa Ponsel BM Sudah Bisa Diakses

Smeaker.com – Setelah beberapa waktu lalu mengalami kendala, akhirnya situs pengecekan nomor IMEI yang telah disediakan oleh pihak Kementrian Perindustrian (Kemenprin) sekarang sudah bisa diakses lagi.

Situs ini bertujuan untuk memeriksa apakah smartphone yang kalian gunakan termasuk kedalam Ponsel BM apa bukan. Seperti yang kita ketahui jika pemerintah Indonesia bakal menindak tegas sejumlah smartphone BM yang beredar di Indonesia dengan cara memblokirnya.

Baca juga: Gandeng Seniman Indonesia, Oppo Reno 10x Zoom Limited Edition Mulai Dijual!

Janu Suryanto, selaku Direktur Industri Eletronika dan Telematika Kemenprin telah mengatakan jika situs untuk mengecek IMEI Ponsel Black Market atau bukan tersebut sudah bisa diakses lagi oleh pengunjung.

Copyright©Kemenprin

Dalam situs tersebut, Kemenprin sebelumnya telah mengumpulkan seluruh nomor IMEI dari smartphone resmi yang masuk kedalam database mereka. Pihak Kemenprin juga mengembangkan sistem identifikasi Ponsel BM yang mereka beri nama DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System) yang diberikan oleh perusahaan Qualcomm.

Baca juga: Xiaomi Punya Smartphone Bertenaga Surya, Seperti Apa?

“Yang masuk baru dari manufaktur dan importir terdaftar kontinu masuk database kita,” Kata Janu dikutip dari laman Inet.Detik.

Nah untuk cara mengecek apakah smartphone kalian termasuk kedalam Ponsel Black Market atau bukan sangat mudah, silahkan masukkan saja kode atau nomor IMEI dari smartphone kalian kedalam kolom yang telah disediakan.

Untuk mengecek nomor IMEI, silahkan ketik kodedial *#06#. Maka secara otomatis smartphone akan mendeteksi nomor IMEI kalian. Setelah itu silahkan kunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id/ melalui aplkasi browser kalian.

Selanjutnya masukkan IMEI kalian kedalam kolom yang disediakan, lalu enter. Nah jika smartphone kalian termasuk Ponsel BM maka akan mendapatkan pemberitahuan jika IMEI kalian tidak terdaftar.

Saat ini pihak Kemenprin juga masih menunggu surat balasan dari Dirjen Pajak mengenai kejelasan dari Ponsel Black Market yang ada di Indonesia.

Baca juga: Seperti Apa Nasib Ponsel Black Market Nantinya Saat Diblokir Pemerintah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here