Meskipun Pakai Enkripsi, Ternyata Pesan WhatsApp Masih Belum Aman?

0
611
Copyright©Jalantikus

Pesan WhatsApp Masih Bisa Dilacak?

Smeaker.com WhatsApp memang dikenal sebagai aplikasi pesan instant yang aman untuk digunakan, hal ini tidak terlepas dengan dukungan teknologi enkripsi didalamnya yang mebuat pesan tidak bisa dibaca selain oleh penerima pesan tersebut.

Meskipun begitu, seorang profesor dari India Institute of Technology-Madras V Kamakoti mengatakan, jika pesan di WhatsApp ini ternyata masih cukup mudah untuk dilacak. Profesor tersebut menyebutkan, jika tanpa mengurangi fitur enkripsi didalamnya pesan tetap bisa dilacak.

Baca juga: 6 HP Android Xiaomi Dapat Potongan Harga, Buruan Sebelum Promo Berakhir!

Namun dia menekankan, jika pelacakan yang dilakukan pada pesan didalam WhatsApp tersebut tidak akan mempengaruhi privasi dari pengguna aplikasi milik perusahaan Facebook tersebut.

Copyright©Jalantikus

“Saat WhatsApp menyebut, tidak mungkin menunjukkan asal pesan, saya justru berkata itu mungkin dilakukan,” kata V Kamakoti, dikutip dari laman BGR.

Baca juga: Realme X Resmi Masuk Indonesia Dengan Harga yang Menggoda, Mau Beli?

Ia menjelaskan, jika pada saat sebuah pesan dikirimkan melalui WhatsApp, maka identitas dari pengirim asal pun juga bisa terungkap bersamaan dengan terkirimnya pesan tersebut.

“Pesan dan asal pengirim pesan hanya bisa dilihat oleh penerima. Namun, ketika penerima mem-forward pesan tersebut, identitas pengirim pertama bisa terungkap ke penerima berikutnya,” lanjut Kamakoti.

Nah dengan menggunakan cara tersebut, maka pengguna pun tidak perlu melanggar enkripsi end-to-end maupun pelanggar privasi apapun yang dimiliki oleh WhatsApp. Pengguna hanya membuat pesan mudah dilacak.

Terakit hal tersebut, pihak WhatsApp masih belum memberikan tanggapannya saat ini. Namun yang pasti, Enkripsi End to End ini memang masih sangat kuat, dimana bahkan banyak para pemerintah yang kesulitan untuk menembus fitur keamanan yang dimiliki oleh WhatsApp tersebut.

Baca juga: Resmi, Kini WhatsApp Bisa Kamu Pakai di ‘Ponsel Jadul’ ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here