Fitur Keamanan Facebook Ini Bocorkan Data Pribadi Pengguna, Masih Aman Gak Yaa?

0
177
Copyright©Bilik update

Fitur Autentifikasi Dua Faktor Facebook di Salah Gunakan?

Smeaker.com – Didalam sosial media Facebook, kita pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya Two Factor Authentication atau otentikasi dua langkah. Dimana fitur ini diklaim memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan sulit untuk diretas.

Tapi apa jadinya jika yang meretas fitur kemana tersebut merupakan internal dari perusahaan sosial media itu sendiri? Nah dugaan inilah yang diberikan oleh Komisi Perdagangan Amerika Serikat (FTC) kepada perusahaan Facebook.

Baca juga: Harganya Cuma Ratusan Ribu, Ponsel Murah Nokia Ini Didukung 4G Lho!

Untuk saat ini, gugatan untuk Facebook tersebut memang belum diumumkan ke publik. Namun informasi tersebut telah tersebar lebih dulu dari dua orang anonim yang sangat akrab dengan masalah seperti ini.

Copyright©Akurat

Fitur otentifikasi dua langkah yang diaktifkan tentunya bakal meningkatkan keamanan dari akun Facebook pengguna. Pasalnya setiap kali mengakses sosial media tersebut dari perangkat baru, membutuhkan kode keamanan yang bakal dikirimkan oleh Facebook melalui pesan singkat kepada nomor HP yang telah didaftarkan.

Baca juga: Punya 3 Kamera Belakang, HP Android Samsung ini Masuk Indonesia dengan Harga Terjangkau!

Pihak FTC menduga, jika fitur tersebut telah dimanfaatkan oleh sejumlah pengiklan untuk mendapatkan nomor HP dari para pengguna Facebook tanpa sepengetahuan mereka. Selain fitur autenifikasi dua factor, pihak Facebook juga telah digugat soal penonaktifan fitur facial recognition kepada pengguna pengguna.

Dimana fitur tersebut telah dirilis oleh Facebook pada akhir tahun 2017, tujuannya ialah mencegah pengguna untuk ditandai sembarangan dengan memindai foto wajah. Namun setelah beberapa bulan dirilis, sekitar 30 juta pengguna mengaku belum mendapatkan fitur baru Facebook tersebut.

Dua masalah privasi ini diperkirakan bakal menjadi agenda utama penyelesaian antara FTC dengan Facebook yang telah berjalan sejak awal bulan Juli ini. FTC saat ini baru saja menjatuhkan denda kepada Facebook senilai USD 5 Miliar (Rp 70 triliun) terkait skandal Cambridge Analytica. Dimana denda tersebu dinilai masih kecil ketimbang penadapatan Facebook yang mencapai USD 55 Miliar ditahun 2018.

Baca juga: Biar Gak Ketahuan Do’i, Begini Cara Matikan Suara Notifikasi Facebook Messenger!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here