Cara Mengecek HP Android Kamu Bebas Dari Malware Iklan Apa Tidak, Udah Coba?

0
2860
Copyright©The Hacker News

Ada Adware Jahat yang Menyerang Sejumlah HP Android

Smeaker.com – Perlu diketahui, jika baru-baru ini Google telah melakukan pembersihan sejumlah aplikasi bandel dari laman Play Store miliknya. Kali ini aplikasi jahat tersebut datang dari seorang publisher bernama CooTek.

Seperti yang disebutkan oleh Firma Keamanan Internet serta perangkat Lookout, jika Cootek ini telah menyusupkan Adware Jahat bernama BeiTaAD disemua aplikasi miliknya. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya laporan pengguna HP Android yang mengeluh ada banyak iklan yang begitu masif dalam aplikasi.

Baca juga: Xiaomi Mi A3 Tidak Rilis di Indonesia, Ini Gantinya?

Sejumlah pengguna bahkan melaporkan jika HP Android miliknya tersebut sampai tidak bisa digunakan karena besarnya volume iklan yang di push oleh Adware tersebut, bahkan pada saat aplikasi tidak digunakan sekalipun.

Copyright©The Hacker News

Nah dari penelusuran yang dilakukan oleh Lookout, jika aplikasi yang menyebarkan Adware didalam HP Android ini merupakan garapan dari Cootek, dan semua aplilkasinya ini mengandung Adware BeiTaAd.

Baca juga: Segera Rilis di Indonesia, Harga Realme X Dibanderol Segini?

Merespon laporan dari Lookout tersebut, Cootek pun berjanji bakal menghapus Adware didalam aplikasi miliknya. Namu seteleh BizzFeed melakukan investigasi, masih banyak aplikasi besutan dari Cootek ini yang mengandung Adware tersebut.

Meskipun HP Android kalian tidak mengalami masalah seperti yang dilaporkan oleh korban, maka tidak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati sebelum mendownload dan install aplikadi didalam Play Store. Karena meskipun sebagai toko aplikasi terpercaya, namun masih banyak kasus serupa yang terjadi. Nah berikut ini sejumlah cara agar anda terhindar dari kasus seperti ini:

  • Cermati aplikasi maupun file yang akan didownload di HP Android, terlebih dari publisher atau sumber yang tidak dikenal
  • Biasakan untuk mengecek ulasan dari pengguna lain, lihat tanggapan mereka, jika dirasa positif maka silahkan lanjut untuk menggunakannya
  • Selelu waspadai izin akses dari aplikasi tersebut, jika dirasa melebihi batasan, maka sebaiknya jangan di install
  • Disarankan untuk menggunakan aplikasi antivirus maupun mobile browser terpercaya untuk memblokir iklan

Baca juga: Terjun Bebas, 3 HP Android Samsung Ini Dapat Diskon Setengah Harga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here