Waduh, Bahaya Ini Ancam Pengguna Aplikasi FaceApp Sembarangan!

0
688
Copyright©minews

Aplikasi FaceApp Punya Hak Penuh Atas Konten yang Diunggah Pengguna

Smeaker.com – Di berbagai sosial media saat ini lagi viral dengan tagar #AgeChallenge termasuk di Indonesia. ini adalah sebuah kompetisi dengan menggunakan Aplikasi FaceApp untuk merubah wajah seseorang dengan usia yang tidak sebenarnya.

Aplikasi FaceApp ini menyediakan berbagai efek untuk mengubah foto pengguna, dan salah satu efek yang paling digemari oleh para pengguna saat ini adalah merubah wajahnya menjadi puluhan tahun lebih tua dari aslinya.

Baca juga: Ribuan Aplikasi Android Ini Diam-Diam Mengawasi Pengguna, Berbahaya kah?

Meskipun terlihat begitu seru, namun sepertinya kalian perlu hati-hati dalam menggunakan aplikasi edit foto yang satu ini. Pasalnya FaceApp bisa saja menyimpan, menyebarkan, atau bahkan menjual foto dari para pengguna untuk tujuan komersil meskipun kalian telah menghapusnya.

Copyright©minews

Kemungkinan tersebut telah tertuan dari bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian sebelum kalian menginstall aplikasi FaceApp ini kedalam smartphone. Bagian ini memang seringkali luput dari perhatian pengguna, karena memang terlalu terburu-buru untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga: Segera Rilis di Indonesia, Harga Realme X Dibanderol Segini?

Dalam ketentuan User Content, pihak FaceApp mengatakan “Anda memiliki semua hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan atas konten pengguna yang diposting melalui layanan.”.

Dari pernyataan diatas memang seolah-olah melindungi konten milik pengguna, namun yang perlu kalian perhatikan adalah kalimat ‘kecuali untuk lisensi yang anda berikan dibawah ini’ yang terdapat pada awal ketentuan sebelum menggunakan aplikasi FaceApp.

Dan pada bagian selanjutnya, FaceApp telah menjelaskan jika lisensi yang dimaksud tersebut tak lain berupa lisensi penuh dan tidak bisa dibatalkan. Sehingga dengan begini pihak FaceApp pun berhak atas konten apapun yang kalian unggah didalam layanannya.

Dengan begini, pihak FaceApp memiliki hak selamanya untuk menyebarkannya ataupun menggunakannya untuk keperluan komersil tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu kepada pemilik foto tersebut atau bahkan memberikannya kompensasi.

Dan yang lebih bahaya lagi, Aplikasi FaceApp masih tetap bisa menyimpan foto yang kalian unggah didalamnya sekalipun kalian secara kasat mata telah menghapusnya. Jadi disarankan, sebaiknya kalian baca terlebih dahulu berbagai ketentuan sebelum menggunakan sebuah aplikasi, jangan sampai niat hati ingin bersenang-senang malah mendapat kerugian.

Baca juga: Buat yang Patah Hati, Aplikasi Android Ini Siap Membantumu Move On!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here