Foto yang Dikirim di WhatsApp Ternyata Bisa Diedit Hacker?

0
277
Copyright©Liputan6

Pihak WhatsApp Segera Gulirkan Pembaruan

Smeaker.com – Aplikasi pesan instant seperti WhatsApp maupun Telegram kita tahu memang dibekali dengan fitur Enkrepsi didalamnya, dimana hal ini untuk menjaga privasi dari obrolan pengguna nantinya.

Meskipun begitu, hal ini rupanya tidak menjamin keamanan data baik itu yang dikirim maupun diterima oleh para pengguna lho. Sebuah penelitian dari Symantec mengungkap potensi serangan malware yang bisa menyusup kedalam WhatsApp dan Telegram.

Baca juga: Malware Berbahaya Sembunyi di WhatsApp, 25 Juta HP Android Terancam!

Nah melalui celah keamanan pada aplikasi tersebut, para hacker ini bisa iseng untuk mengedit data multimedia yakni sebuah gambar maupun audio yang dikirimkan pengguna. Dengan begini, maka bisa jadi jika hasil gambar yang dikirim dengan yang diterima bisa saja berbeda meskipun datanya sama.

Copyright©Liputan6

Contoh sederhananya mengirim sebuah gambar berupa angka dalam bukti pembayaran yang bisa dirubah nilainya. Menurut Symantec, jika malware yang ada didalam WhatsApp dan Telegram tersebut masuk melalui ruang penyimpanan eksternal.

Baca juga: Tanpa Root, Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp Otomatis di Android!

Nah pada saat data tersebut disimpan kedalam penyimpanan Eksternal, maka aplikasi lain bisa mengakses maupun memanipulasi data tersebut. Seperti yang kita ketahui, didalam aplikasi WhatsApp maka pengaturan default data bakal tersimpan di memori eksternal ketika di download.

Hal ini juga berlaku pada Telegram apabila fitur ‘Save to Gallery’ diaktifkan. Terkait hal tersebut, pihak WhatsApp bakal melakukan pengkajian ulang mengenai laporan dari Symantec tersebut. Dan nantinya sebagai langkah awal, pihak WhatsApp bakal memberikan update software untuk pengguna HP Android nantinya.

Sementara itu, pihak Telegram masih belum memberikan tanggapannya akan hal itu. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka ada langkah pencegagan yang bisa anda lakukan. Untuk pengguna WhatsApp maka anda bisa mematikan unduh otomatis, sementara untuk Telegram bisa menonaktifkan menu ‘Save To Gallery’.

Baca juga: Cara Mengatasi Pesan Whatsapp Sering Pending!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here