Mau Tau HP Android Kamu Resmi Apa Ilegal? Begini Cara Mengeceknya!

0
1372
Copyright©CBF

Cara Mengecek HP Android Resmi Atau Ilegal

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, jika dalam waktu dekat ini pemerintah Indonesia bakal memperketat peredaran ponsel black market di Indonesia. Tepatnya mulai tanggal 17 Agustus nanti, Ponsel BM bakal diblokir di Indonesia.

Nah untuk memberantas distribusi ponsel ilegal di Indonesia, baik itu HP Android maupun iOS maka pemerintah memastikan jika perangkat tersebut tidak akan bisa menggunakan kartu SIM operator dalam negeri najntinya.

Baca juga: Dijual Murah, Berikut Kelebihan Infinix S4 yang Membuatnya Layak Dibeli!

Dalam hal ini, Kemenkominfo bakal bekerjasama dengan Menteri Perindustrian, dan menteri Perdagangan untuk menandatangani payung hukum IMEI tersebut. Kita tahu, di Indonesia sendiri HP Android menjadi salah satu perangkat yang paling laris dan banyak sekali penggunannya.

Copyright©Inet.detik

Maka dari itu, pastinya banyak yang bingung dong para pengguna HP Android ini, akankah smartphone yang mereka miliki ini adalah produk resmi atau ilegal? Nah mengenai hal tersebut, pemerintah Indonesia pun memberikan sebuah layanan untuk mengecek IMEI dari ponsel pengguna, apakah termasuk perangkat ilegal apa bukan.

Baca juga: Smartphone Murah Honor Play 8 Dirilis, Harganya Cuma Rp 1 Jutaan!

Nah untuk mengecek IMEI di HP Android ini ada banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan panggilan kenomor Dial *#06#. Lalu cara kedua ialah dengan membuka menu setting di smartphone, pilih System >> About Phone.

Dan cara ketiga ialah dengan mendownload aplikasi bernama My IMEI, maka secara otomatis nomor IMEI di HP Android kamu pun bakal terlihat. Lalu gimana cara mengetahui apakah HP Android kita perangkat resmi?

Caranya silahkan buka situs resmi http://kemenperin.go.id/imei/ di HP Android kalian. Setelah itu masukkan nomor IMEI tadi, jika muncul informasi seperti perusahaan, merek dan model, maka HP Android kalian adalah resmi.

Namun jika tidak terdaftar, bisa jadi HP Android kalian merupakan perangkat ilegal yang tidak terdaftar di Kemenprin. Namun untuk saat ini situs tersebut masih dalam proses perbaikan, jadi sabar dulu untuk melakukan pengecekan IMEI tersebut.

Baca juga: Jangan Kehabisan, 4 HP Android Honor ini Dapat Potongan Hingga Rp 2 Jutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here