Ribuan Aplikasi Android Ini Diam-Diam Mengawasi Pengguna, Berbahaya kah?

0
298
Copyright©Cyber Crime

Ribuan Aplikasi Android Bisa Membobol Hak Akses Pengguna

Smeaker.com – Didalam sebuah Aplikasi Android, umumnya selalu meminta izin akses terlebih dahulu untuk mengetahui lokasi dari perangkat anda. Nah sebelumnya, pengguna pun diberikan kebebasan apakah memberikan izin hal tersebut apa tidak.

Jika anda tidak menghendakinya, yang pasti Aplikasi Android tersebut seharusnya sudah tidak dapat mendeteksi lokasi dimana smartphone anda berada. Namun rupanya ada yang mengejutkan mengenai kegiatan tersebut.

Baca juga: Punya 3 Kamera Belakang, Harga Infinix S4 Dijual Mulai Rp 1 Jutaan di Indonesia!

Sebuah riset yang dilakukan oleh International Computer Science Institute (ICSI) telah berhasil mengungkap, jika ada ribuan Aplikasi Android ini yang masih bisa mengakses lokasi dari para pengguna tanpa diizinkan sekalipun lho.

Copyright©Cyber Crime

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ICSI, keseluruhan Aplikasi Android ini bisa ditemukan dan di download secara gratis dari Play Store. Dalam risetnya, ICSI  melakukannya pada 88.000 Aplikasi guna melihat bagaimana cara kerja mereka pada saat pengguna tidak memberikan izin akses untuk mengambil data.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Download Film Android Gratis Terbaik 2019!

Nah dari penelitian tersebut akhirnya ditemukan sebanyak 1.325 Aplikasi Android telah dilengkapi dengan kode yang bisa mengambil rincian lokasi pengguna dari koneksi Wifi maupun metadata pada sebuah foto.

Menurut Serge Egelman, selaku Direktur Penelitian Keamanan dan Privasi ICSI mengatakan, jika sebenarnya Google sudah mengetahui soal Aplikasi Android tersebut sejak September tahun lalu.

Google pun juga bakal menyembunyikan informasi lokasi dari foto maupun wifi, sehingga aplikasi tersebut tidak bisa mengakses lokasi smartphone berada. Namun Egelman menambahkan, jika Google bakal melakukannya pada OS Android Q mendatang.

“Pada dasarnya, konsumen memiliki sedikit alat untuk mengendalikan privasi dan menentukan keputusan mereka. Jika pengembang aplikasi ini dapat menghindari sistem tersebut, maka meminta izin kepada pengguna adalah hal percuma,” kata Egelman dikutip dari laman Kompastekno.

Egelman juga menambahkan, jika mereka bakal membeberkan sejumlah nama ribuan aplikasi android yang dimaksud pada bulan bulan depan.

Baca juga: Aplikasi Dewasa Ini Baru Dirilis Sudah Ditarik Lagi oleh Penciptanya, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here