Jutaan Pengguna HP Android Tertipu Aplikasi Samsung Palsu. Kamu juga ?

0
339
Copyright©galacell

Aplikasi Samsung Palsu Beredar di Play Store

Smeaker.com – Ada kabar heboh bagi pengguna HP Android, khususnya dari vendor Samsung. Puluhan juta orang terkena tipu dari sebuah aplikasi yang mengatasnamakan ‘update for samsung’.

Sesuai dari namanya, jika aplikasi tersebut menyamar dengan memberikan update firmware untuk smartphone Samsung. Namun yang mengejutkan, setelah di download aplikasi ini malah mengarahkan pengguna pada situs iklan dan berbayar.

Baca juga : Jangan Ketinggalan, Realme Kasih Diskon Hingga 50% HP Android Miliknya Pekan Ini!

Aleksejs Kuprins, seorang Analis malware dari CSIS Security Group mengaku, jika dirinya telah menghubungi pihak Google untuk menghapus aplikasi yang terdapat didalam Play Store karena meresahkan pengguna.

Copyright©galacell

“Saya telah menghubungi Google dan meminta mereka untuk mempertimbangkan menghapus aplikasi ini, “kata Kuprins seperti dikutip detikINET.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp yang Paling Dinantikan Kehadirannya, Kamu Juga?

Aplikasi ini memanfaatkan pengguna smartphone Samsung yang kesulitan mendapat update firmware dari situs resminya. Kuprins mengklaim bahwa sebagian besar pengguna salah paham dan menganggap aplikasi tersebut sebagai update firmware resmi dari Samsung dan Google Play Store.

Selain itu Aplikasi ini juga menjanjikan bakal menyelesaikan masalah non-teknis pengguna dengan menyediakan lokasi terpusat, jadi pemilik ponsel Samsung dapat mengunduh firmware dan update sistem operasi di smartphone mereka. Dengan iming-iming tersebut sehingga menarik pengguna untuk menginstal aplikasi tersebut.

Update ini adalah tipuan belaka karena tidak ada afiliasinya dengan perusahaan Samsung. Aplikasi tersebut hanya memuat domain update[.]com dalam komponen WebView Android Browser.

Yang lebih parah lagi, Situs ini menawarkan pembaruan firmware gratis dan berbayar yang diklaim sebagai update resmi dari Samsung. Setelah dijelajahi, situs ini malah membatasi kecepatan unduh gratis dan sejumlah unduhan tidak dapat diselesaikan.

“Selama pengujian, kami juga telah mengamati bahwa unduhan tidak selesai, bahkan ketika menggunakan jaringan yang dapat diandalkan,” ujar Kuprins.

Namun tenang saja Kupring menyebut jika Aplikasi Samsung palsu tersebut bukanlah sebuah malware, karena memang mereka tidak melakukan kejahatan atas nama pengguna maupun meminta persetujuan. Akan tetapi perlu diketahui jika aplikasi ini adalah sebuah tipuan yang memang harus dihapus dari Play Store.

Baca juga: Mantap Abis, Kamera Samsung Galaxy Note 10 Bawakan Teknologi Terbaru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here