Terungkap, Ini Penyebab Akun WhatsApp Gampang Dibajak dan Cara Mencegahnya!

0
315
Copyright©Tenorshare

Cara Mencegah Pembajakan Akun WhatsApp

Smeaker.comWhatsApp sebagai salah satu aplikasi pesan instant paling populer memang rentan sekali menjadi korban pembobolan akun. Dimana melalui pesan instant tersebut, para hacker ini bisa melakukan tindak kejahatan yang tak jarang merugikan para korbannya tersebut.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, dimana pembobolan akun WhatsApp dengan modus menipun teman dari pemilik akun Tersebut. Lantas bagaimana bisa hacker meretas akun WhatsApp tersebut? bukankah Facebook selaku perusahaan induk sudah memberikan antisipasi didalam aplikasi tersebut?

Baca juga: Dark Mode di WhatsApp Kini Sudah Bisa Dijajal, Udah Coba?

Terkait hal tersebut, menurut juru bicara Facebook Indonesia menilai kemungkinan pemilik akun WhatsApp yang telah dibajak tersebut lupa mengaktifkan fitur keamanan.

Copyright©Tenorshare

“Kemungkinan terbesar adalah peretas daftar aplikasi WhatsApp pakai nomornya pengguna. Dan karena fitur two factor authentication-nya tidak diaktifkan, jadi tidak ada proses verifikasinya,” Kata Juru Bicara Facebook Indonesia dikutip dari laman Tempo.

Baca juga: Didukung 3 Kamera Belakang Juga, Harga Xiaomi Mi CC9e Dijual Lebih Murah!

Atau penyebab lainnya bisa jadi pelaku hacker ini sudah lama mengincar akun WhatsApp  tersebut. Caranya adalah dengan mendaftarkan akun WhatsApp tersebut kedalam smartphone miliknya, setelah itu hacker meminta pemilik nomor tersebut untuk mengirimkan kode verifikasi WhatsApp miliknya.

Begitu kode verifikasi ini didapatkan, maka si pelaku hacker ini pun bisa menguasai WhatsApp tersebut secara penuh. Setelah itu, pelaku pun memanfaatkannya dengan mengatasnamakan korban dan menipu teman-teman yang ada di dalam daftar kontak yang tersimpan.

Nah untuk menghindari kejadian tersebut menimpa anda, maka solusinya sembarangan memberikan kode verifikasi WhatsApp kepada orang lain, siapapun itu. Dan jika anda mendapatkan pesan SMS berupa ancaman akun WhatsApp anda telah diretas, sebaiknya abaikan saja, karena selama anda tidak memberikan kode verifikasi WhatsApp, maka oknum tersebut tak akan bisa membobolnya.

Yang tak kalah penting, anda bisa mengaktifkan kode keamanan yang ada didalam pengaturan WhatsApp, sehingga jika pun WhatsApp anda diretas, namun pelaku tak mengetahui kode keamanan untuk mengaksesnya. Maka mereka tak akan bisa melakukan apapun.

Baca juga: Alasan Kenapa Whatsapp Bukan Aplikasi Chating Terbaik, Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here