Huawei Kembali Pakai Android? Ini Tanggapan Google

0
435
Copyright©Reuters

Google Belum Tahu Apa Sudah Boleh Berikan Versi Penuh Android Untuk Huawei

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, santer diberitakan sebelumnya jika perusahaan Huawei diberi waktu oleh Google selama 90 hari untuk menggunakan sistem operasi Android mereka. Hal ini merupakan dampak dari perang dagang antara AS – China yang makin memanas.

Namun beberapa waktu lalu, Presiden AS yakni Donald Trump telah melunak. Dimana orang nomor 1 di Amerika Serikat tersebut telah meringankan sanksi pada Huawei untuk penjualan komponennya yang sebelumnya sempat diblokir total.

Baca juga: Dark Mode di WhatsApp Kini Sudah Bisa Dijajal, Udah Coba?

Tapi perlu di ingat, jika ditegaskan bahwa teknologi sensitif yang ada kaitannya dengan keamanan Nasional di AS tetap akan dibatasi oleh mereka. Belum dijelaskan secara detail tentang perusahaan mana saja yang sudah diperbolehkan untuk menjual teknologinya kepada Huawei.

Salah satunya adalah perusahaan Google, dimana mereka masih menganalisis apakah mereka sudah diperbolehkan untuk mempersilahkan Huawei menggunakan sistem operasi Android milik mereka apa tidak.

Copyright©Reuters

“Kami sedang membicarakannya dengan Departemen Perdagangan untuk memastikan kami benar-benar mematuhi persyaratannya,” sebut juru bicara Google, dikutip dari laman detikINET .

Baca juga: Stop Sekarang Juga, Inilah Bahaya Download Video YouTube ke MP3!

Terkait hal tersebut, pihak Huawei rupanya juga belum banyak memberikan tanggapan. “Kami mendengar komentar presiden AS terkait Huawei dan belum ada komentar lebih lanjut pada saat ini,” sebut Huawei.

Seperti yang santer diberitakan, jika pada bulan lalu pihak Google telah melarang perusahaan Huawei menggunakan versi penuh dan aplikasi android di smartphone miliknya guna memenuhi peraturan AS. Setelah itu diberikan masa tenggang hingga bulan Agustus sebelumnya nantinya Huawei benar-benar dilarang keras menggunakannya.

Nah guna mengantisipasi hal tersebut, bahkan pihak Huawei pun sempat membuat sistem operasi terbaru milik mereka yang bernama Hongmeng. Dan bahkan smartphone Huawei dengan OS tersebut pun kabarnya sudah siap diluncurkan.

Namun dengan adanya kabar melunaknya Donald Trump dengan meringaknan sanksi pada Huawei, maka banyak para pengguna bisa berharap jika perusahaan Huawei masih tetap menggunakan Android yang  memang sudah populer dikalangan masyarakat luas.

Baca juga: Huawei Kasih Diskon Hingga Rp 1.5 juta Untuk 3 HP Android Ini, Buruan Beli!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here