Fast Charging di HP Android Melebihi 100W, Amankah?

0
325
Copyright©Inet.detik

Fast Charging di HP Android Berpengaruh Untuk Usia Baterai

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, jika teknologi Fast Charging sangat membantu para pengguna HP Android, khususnya bagi mereka yang memiliki aktifitas yang sangat padat, sehingga tak banyak menghabiskan waktu untuk sekedar mengisi daya baterai smartphone.

Seiring waktu berjalan, teknologi Fast Charging dalam HP Android ini memang terus berkembang. Bahkan hitungannya kini pun sekarang tak sebatas puluhan saja, namun sudah menembus angka ratusan dalam kurun waktu 1 tahun diperkenalkan.

Baca juga:  Vivo Pamerkan Super FlashCharge, Isi Daya Baterai Full Cuma 13 Menit

Sebut saja perusahaan besar seperti Oppo, Samsung, Xiaomi, telah meluncurkan berbagai teknologi fast charging mereka kepublik. Dimana masing-masing perusahaan memiliki teknolofi fast charging dengan kemampuan masing-masing.

Copyright©Inet.detik

Yang terbaru kini adalah perusahaan HP Android asal Tiongkok yakni Vivo juga ikutan terjun dalam bisnis ini. Namun yang mengejutkan, kemampuan teknologi fast charging milik Vivo ini melebihi dari 3 vendor diatas tadi, yakni mencapai 120W, angka tertinggi dalam industri fast charging saat ini.

Baca juga: Huawei Kasih Diskon Hingga Rp 1.5 juta Untuk 3 HP Android Ini, Buruan Beli!

Pastinya bisa dipastikan jika kemampuan pengisian daya dari teknologi tersebut sangat gila, bahkan Vivo mengklaim jika fast charging miliknya tersebut bisa mengisi baterai HP Android 4.000 mAh hingga full selama 13 Menit saja. Lantas yang jadi pertanyaan saat ini adalah, amankah teknologi tersebut?

“Charging cepat memang ditengarai punya efek terhadap umur baterai. Tapi memang ini jalan singkat yang sepertinya harus ditempuh karena kebutuhan dan ketergantungan banyak orang terhadap smartphone yang semakin meningkat, sampai kita punya teknologi baterai yang lebih baru,” kata Seorang pengamat gadget Lucky Sebastian, dikutip dari laman detikINET.

Lucky menambahkan, jika Fast Charging tersebut rupanya bisa membuat sel baterai HP Android cepat rusak, efek lainnya bisa membuat smartphone menjadi cepat panas. Ia juga menambahkan, jika potensi baterai meledak karena suhu yang panas memang ada, namun para perusahaan selalu memberi chip pengaman pada smartphone fast charging untuk mengantisipasi hal tersebut.

Baca juga: Smartphone Murah Nokia 2.2 Resmi Datang di Indonesia, Harganya Cuma Sejutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here