Menkominfo Minta Login Sosmed Gunakan Nomor HP, Ini Tanggapan Facebook!

0
1102
Copyright©GenPI

Menkominfo Ingin Kurang Penyebaran Hoaks Melalui Facebook Cs

Smeaker.com – Beberapa waktu lalu, Rudiantara selaku Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika), telah meminta sejumlah platform sosial media seperti Facebook Dkk untuk membuat sistem keamanan baru.

Nah sistem keamanan yang dimaksud ini adalah, mewajibkan pengguna sosial media membuka akun miliknya dengan mendaftarkan nomor HP. Meskipun tak disebutkan secara detail, namun Facebook yang menjadi sosmed dengan jumlah pengguna paling banyak di seluruh dunia merupakan salah satu yang dimaksudkan.

Baca juga: Bulan Depan, WhatsApp Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Smartphone Ini!

Terkait hal tersebut, pihak Facebook Indonesia enggan memberikan komentar terkait permintaan dari Menkominfo tersebut. Salah seorang juru bicara Facebook mengatakan, jika selama ini pihaknya sudah menyediakan opsi kepada para pengguna untuk memasukkan nomor telepon meskipun tidak bersifat wajib.

Copyright©GenPI

“Kalau pencantuman nomor ponsel itu memang sudah diterapkan sebagai opsi saat mendaftar akun,” Kata  juru bicara Facebook Indonesia, dikutip dari laman Kompastekno.

Baca juga: Pas Buat Upgrade, Berikut 4 HP Android Xiaomi yang Baru Saja Dirilis!

Ketrangan yang terdapat dilaman Facebook telah menjelaskan, jika para pengguna sosial media mereka ini yang ingin membuka akun, diharuskan mengisi nama, password, tanggal lahir, gender, alamat email atau nomor Hp.

Nah nomor HP yang dimaksudkan ini, digunakan oleh Facebook untuk melakukan verifikasi identitas dari pemilik akun tersebut. Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara telah melayangkan surat permintaan ke sejumlah sosial media, untuk membaut aturan mebukan akun sosmed dengan nomor HP, hal ini mereka lakukan untuk mengurangi penyebaran Hoaks di sosial media.

Selain itu, Menkominfo juga meminta Sosial media Facebook Cs untuk menggunakan teknologi AI didalam layanannyam, dimana agar mampu mendeteksi tentang kabar hoaks secara cepat.

“Itu bisa mencari dengan cepat. Kita tidak perlu lagi mencari, baru lapor. Harusnya mereka bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan AI dan machine learning,” tutup Rudiantara

Baca juga: Tips Sederhana Gimana Main Facebook Dengan Hemat Internet, Mau Coba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here