Google Tendang Ribuan Aplikasi Android Berbahaya di Play Store, Kamu Punya?

0
1320
Copyright©Cnn Indonesia

Ribuan Aplikasi Android di Play Store Memiliki Izin Berbahaya

Smeaker.com – Ada kabar yang cukup mengejutkan bagi para pengguna smartphone android, dimana penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney dan Data61 of CSIRO selama dua tahun ii telah menemukan ribuan aplikasi android berbahaya berada di Play Store.

Tercatat total ada 2.040 aplikasi android di Play Store berbahaya terdeteksi. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, beberapa aplikasi yang masuk dalam daftar tersebut cukup terkenal dikalangan pengguna.

Baca juga: Tanpa Aplikasi, Begini Cara Merubah Kuota Maxtream Jadi Kuota Reguler!

Dalam penelitian tersebut, mereka memantau 1 juta aplikasi android yang tertanam didalam Play Store, dimana dalam hal tersebut mereka berhasil menemukan sejumlah aplikasi palsu. Meskipun tidak mengandung malware didalamnya, tapi deretan aplikasi ini meminta izin akses yang tidak ada kaitannya dengan bisnis yang mereka jual.

Copyright©Cnn Indonesia

Dua contoh aplikasi android yang masuk dalam list tersebut adalah game Hill Climb Racing dan Temple Run. Seperti yang dilaporkan oleh laman Inet.Detik, dalam penelian tersebut, mereka menggunakan jaringan Neural dan Machine Learning untuk memproses jutaan aplikasi android didalam Play Store.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Android Nokia Murah Didukung Android 9 Pie!

Dalam kesempatan itu, mereka telah menemukan sejumlah 49.608 aplikasi android yang menyimpan potensi ancaman. Lalu para peneliti ini juga menggunakan VirusTotal, dimana sebanyak 7.246 aplikasi ditandai berbahaya, serta sebanyak 2.040 diantaranya palsu dan memiliki resiko cukup tinggi.

Selain itu, ada sekitar 1.565 aplikasi diantaranya memiliki 5 izin sensitif, dan 1.407 aplikasi telah menanamkan perpustakaan iklan pihak ketiga. Nah terkait temuannya tersebut, mereka sudah melaporkannya kepada Google, dan aplikasi android yang dinilai membahayakan ini pun langsung di tendang dari Play Store.

Baca juga: Biar Gak ketahuan Pacar, Gini Cara Sembunyikan Aplikasi di Smartphone Android Xiaomi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here