Kata Menkominfo Soal Kabar Pembatasan Akses WhatsApp Cs Hari ini!

0
371
Copyright©Istimewa

Menkominfo Ingin Pantau Dulu Pergerakan Sosial Media dan WhatsApp Cs

Smeaker.com – Rudiantara, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) angakat bicara soal kabar yang beredar jika nantinya pembatasan akses Sosial media dan pesan instant seperti WhatsApp bakal dilakukan lagi hari ini.

Hal tersebut sehubungan dengan adanya sidang perdana gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi yang dilayangkan oleh Capres-Cawapres nomor urut 02, dan sidang ini sendiri digelar mulai hari ini, Jumat (14/6/19).

Baca juga: 4 Fitur Unik WhatsApp Yang Wajib Kamu Tahu, Sudah Coba?

Mengenai soal pembatasan akses WhatsApp Cs tersebut, sampai saat ini pihak pemerintah Indonesia masih terus memantau platform dunia maya, khususnya layanan sosial media maupun video file sharing.

Copyright©Istimewa

Nah berdasarkan pantauan terhadap WhatsApp Cs tersebut, Rudiantara mengatakan jika memang ada hoax. Namun pihak Kominfo tidak melihat adanya peningkatan konten negatif didalamnya, seperti Berita bohong (Hoax) maupun hasutan dan provokasi seperti yang terjadi pada tanggal 21-22 Mei 2019 lalu.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal ‘Bodoh’ ini Jika Tak Ingin WhatsApp Kamu Diblokir!

Meskipun belum ada pernyataan tegas dari pemerintah mengenai pembatasan akses sosial media dan WhatsApp Cs tersebut,  namun dari peredaran konten negatif tersebut, pemerintah belum melakukan upaya kebijakan seperti yang mereka lakukan seperti pada bulan lalu.

“Saat itu, selain banyaknya hoax berkaitan pengumuman hasil pemilu oleh KPU, juga kanal (URL) baru yang digunakan untuk penyebaran hoax (di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube) antara 600-700 URL. Saat ini, sudah menurun di bawah 100 URL,” Kata Rudiantara dikutip dari laman detikINET.

Dalam kesempatan ini juga, Menkominfo juga berharap jika tidak ada Oknum masyarakat yang memanfaatkan sosial media maupun WhatsApp Cs untuk tujuan negatif sehingga tidak akan ada lagi kejadian kejadian pembatasan akses.

“Kami berharap, untuk kita tidak memanfaatkan dunia maya untuk hal-hal yang negatif, sehingga tidak ada lagi pembatasan akses atas fitur-fitur, baik di media sosial maupun platform video file sharing,” tutup Rudiantara.

Baca juga: Biar Gak Ketahuan, Begini Cara Sembunyikan Chat Rahasia di WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here