Gawat, WhatsApp Dkk Bakal Down Lagi Pekan Ini?

0
129
Copyright©Oetekno

Ada Potensi WhatsApp Dkk Bakal Down Lagi Saat Sidang Perdana MK

Smeaker.com – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sepertinya bakal membatasi akses di media sosial dan WhatsApp Cs pada pekan ini, dimana tepatnya pada saat sidang perdana MK digelar.

Tujuan pembatasan akses sosial media dan WhatsApp ini masih sama seperti yang diterapkan pada bulan Mei lalu, dimana ada juga kaitanya dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Baca juga: 4 Fitur Unik WhatsApp Yang Wajib Kamu Tahu, Sudah Coba?

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 telah melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas pelaksanaan Pilpres 2019 yang diklaim oleh mereka penuh dengan kecurangan. Dan Sidang Perdana gugatan ini sendiri bakal digelar pada hari Jumat (14/6/19) besok.

Copyright©Oetekno

“(Kalau ada) konten yang menghasut, memecah belah seperti (kejadian) pada 21-22 Mei kemarin, kita akan lakukan (pembatasan medsos dan layanan pesan instan (WhatsApp Cs) ),” ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dikutip dari laman Inet.Detik.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal ‘Bodoh’ ini Jika Tak Ingin WhatsApp Kamu Diblokir!

Namun perlu diketahui, jika langkah pembatasan akses sosial media dan WhatsApp yang dilakukan oleh pemerintah ini merupakan opsi paling terakhir yang mereka lakukan. Selain itu, jika hal ini mereka lakukan pastinya kebijakan tersebut bersifat kondisional.

Dalam kesempatan yang sama, Menkonminfo Rudiantara mengatakan, jika dirinya belum berencana untuk membatasi akses sosial media dan WhatsApp Cs. Jikapun nanti ada, keputusan tersebut bukan bersumber darinya sendiri, namun hasil koordinasi dari para menteri lainnya.

“Keputusannya bukan dari saya sendiri, keputusannya dikoordinasikan dengan kementerian lain. Artinya, kalau mengancam, ya dibatasi. Buka tutup loh ya, kalau negara lain kan ditutup sama internetnya semua. Kalau kita kan enggak,” Kata Rudiantara.

Seperti yang kita ketahui, jika beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 21-22 Mei, pemerintah telah membatasi akses sosial media dan juga WhatsApp Cs, tujuannya adalah menghentikan penyebaran Hoax yang dinilai malah memperburuk suasana.

Baca juga: Biar Gak Ketahuan, Begini Cara Sembunyikan Chat Rahasia di WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here