Selain WhatsApp, Berikut Sejumlah Aplikasi Sosial Media yang Diblokir di Indonesia!

0
2259
Copyright©Disfi

5 Aplikasi Sosial Media Dibatasi di Indonesia, WhatsApp Salah Satunya

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, sejak adanya peristiwa kerusuhan pada tanggal 22 Mei 2019 kemarin, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membatasi layanan dari beberapa sosial media, salah satunya adalah WhatsApp.

Nah tujuan dengan adanya pembatasan tersebut dimaksudkan, untuk menjaga keamanan nasional serta menangkal sejumlah kabar bohong (Hoax) yang mudah sekali tersebar melalui aplikasi WhatsApp tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Dkk Saat Diblokir Oleh Pemerintah!

Hal ini cukup wajar dilakukan oleh pemerintah, pasalnya saat ini WhatsApp memang menjadi aplikasi pesan instant yang sangat populer dan banyak digunakan oleh warga Indonesia. Namun perlu diketahui, jika ternyata tidak hanya WhatsApp saja lho yang mendapatkan imbas dari kerusuhan beberapa waktu lalu.

Copyright©Twitter

Ada sejumlah sosial media maupun aplikasi pesan instant yang juga mengalami pembatasan, sebut saja seperti Facebook, Messenger, Instagram, serta Telegram juga memiliki nasib yang sama dengan WhatsApp.

Baca juga: Punya RAM 4 GB dan Kamera 52 MP, Smartphone Android Ini Dijual Rp 2 Jutaan

“Gangguan yang memengaruhi operasi platform online secara normal terjadi setelah pihak berwenang memerintahkan pemadaman media sosial menyusul pecahnya kekerasan di tengah meningkatnya protes akan hasil Pilpres 2019,” tulis pihak NetBlock dalam situs resminya.

Pembatasan akses kepada WhatsApp Dkk ini dilakukan secara regional. Temuan awal NetBlock diambil dari sejumlah rangkaian pengukuran kinerja inernet, dimana mereka mengumpulkan 10 titik pandang di seluruh Indonesia.

Jika diperhatikan dari situs Downdetector, maka daerah Jakarta menjadi kawasan yang paling terdampak parah dalam pembatasan WhatsApp tersebut. WhatsApp dikawasan itu mengalami kesulitan akses paling parah jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Lantas hingga kapan pembatasan WhatsApp dkk ini bakal berakhir? Masih belum ada kabar soal itu, namun Menkominfo yakni Rudiantara menegaskan pembatasan ini berakhir jika situasi sudah kondusif.

Baca juga: Segera Diluncurkan, Begini Tampilan Iklan di WhatsApp Nantinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here