Periksa Sekarang juga, Ini Tanda-tanda WhatsApp Kamu Kena Hack!

0
8470
Copyright©Jalantikus

Cara Memeriksa WhatsApp Terkena Hack Apa Tidak

Smeaker.com – Baru-baru ini memang sedang ramai dibahas jika aplikasi pesan instant WhatsApp rentan dibobol oleh Hacker. Dimana pelaku kejahatan siber ini memanfaatkan celah keamanan dalam aplikasi tersebut guna menyebarkan spyware kedalam smartphone pengguna.

Sejujurnya, tidak ada cara pasti guna mengecek apakah smartphone kamu termasuk jadi korban pembobolan para hacker melalui WhatsApp ini. Meskipun begitu, ada sejumlah tanda-tanda yang bisaa membantumu untuk membedakan apakah smartphone kamu aman apa tidak.

Baca juga: Gegara Pakai ini, Pengguna WhatsApp Mulai Kena Blokir!

“Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba melihat perubahan-perubahan di smartphone kamu,” kata Dominggo Guerra, Ahli keamanan Symantec dikutip dari laman Liputan 6.

Copyright©Jalantikus

Ia mengatakan, jika pengguna WhatsApp curiga kenapa baterai smartphone lebih boros dibandingkan sebelumnya serta tiba-tiba panas, hal ini bisa disebabkan karena kemungkinan smartphone sedang mengirim dan menerima banyak data tanpa disadari pengguna.

“Itu bisa jadi salah satu tanda bahwa perangkat telah dibobol,” Lanjut Guerra.

Baca juga: Promo Ramadhan Seru, Realme Kasih Potongan Harga dan Hadiah Menarik!

Maka dari itu Guerra menyarankan agar mempebarui aplikasi WhatsApp pada versi terbaru, dan juga memastikan jika sistem operasi dari smartphone pengguna juga sudah versi paling baru jika tak mau terjadi hal yang tak di inginkan.

Pihak WhatsApp sendiri mengatakan, jika pihaknya telah menemukan celah keamanan tersebut pada bulan Mei ini, dan mereka pun tak butuh waktu lamu untuk langsung menambal celah keamanan tersebut, yakni dengan cara merilis pembaruan di App Store maupun Play Store.

Namun sayangnya, pihak WhatsApp ini tak bisa mengetahui mengenai berapa jumlah banyaknya pengguna yang terdampak oleh pembobolan penjahat siber tersebut. Untuk itu, dianjurkan bagi seluruh pengguna termasuk di Indonesia segera memperbarui aplikasi WhatsApp miliknya.

Baca juga: Kamu Masih Gunakan WhatsApp di Smartphone Ini? Ganti Sekarang Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here