Heboh Serangan Spyware, Pengguna WhatsApp di Indonesia Diminta Segera Update!

0
6087
Copyright©ABP Live

Spyware Masuk Melalui Fitur Panggilan di WhatsApp

Smeaker.com – Aplikasi pesan instant WhatsApp sedang dilanda kerentanan keamanan setelah disusupi Spyware yang berasal dari Israel. Rupanya isu tersebut juga mendapat perhatian dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Mereka berharap, agar pengguna WhatsApp di Indonesia segera melakukan update terbaru untuk menghentikan pergerakan Spyware tersebut. Dalam pengumumanya, pihak BSSN menyatakan jika pada tanggal 13 Mei 2019 lalu, pihak Facebook telah menerbitkan himbauan mengenai celah keamanan pada aplikasi pesan instant miliknya.

Baca juga: Tahun Depan, WhatsApp Sudah Tak Bisa Digunakan Di Ponsel Android dan iOS ini!

“Celah keamanan ini memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi fungsi panggilan telepon pada WhatsApp untuk menghubungi celah target dan kemudian melakukan instalasi malware secara remote,” ujar BSSN, dikutip dari laman Inet.Detik.

Copyright©Inet.detik

Maka dari itu, pihak BSSN menghimbau kepada seluruh pengguna WhatsApp di Indonesia melakukan update aplikasi mereka ke versi yang lebih baru. Untuk pengguna WhatsApp v2.19.134 dan Whatsapp Business versi 2,19.44 untuk segera melakukan update ke versi terbaru.

Baca juga: Oppo Kasih Cashback Setiap Pembelian 2 Smartphone Android Ini, Jangan Kehabisan!

Sementara untuk pengguna iPhone yang masih menggunakan WhatsApp versi 2.19.51 dan WhatsApp Business versi 2.19.51, maka segera melakukan update ke versi terbaru.

Copyright©Inet.detik

“Selalu lakukan pemutahiran terhadap aplikasi-aplikasi lain juga, karena pada umum pemutahiran memuat perbaikan terhadap isu keamanan yang sangat penting untuk mencegah eksploitasi celah keamanan pada aplikasi yang kita gunakan,” pesan BSSN.

Celah keamanan yang ada di WhatsApp ini pertama kali dilaporkan oleh laman Financial Times. Dimana mereka menyatakan jika fitur WhatsApp Calls ini bisa disusupi oleh Spyware yang berasal dari Israel.

Diduga kuat jika Spyware yang ada didalam WhatsApp ini merupakan buatan perusahaan Israel yang bernama NSO Group. Spyware ini bisa menginvasi telepn WhatsApp baik itu pengguna Android maupun iOS yang nantinya bisa mencuri data penting pengguna.

Baca juga: Ditemukan Virus Berbahaya Dalam WhatsApp Versi Lama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here