Lagi, Puluhan Aplikasi Android Mengandung Malware Lolos di Play Store!

0
284
Copyright┬ęTekinfom

50 Aplikasi Android Mengandung Adware Virus Iklan

Smeaker.com – Beberapa waktu lalu kita telah memberitakan jika ada sekitar 48 Aplikasi Android yang telah mengandung Adware didalamnya, dan bahkan ada yang sudah didownload lebih dari 1 juta kali oleh pengguna.

Dan kini informasi terbaru menyebutkan, jika ada sebanyak 50 Aplikasi Android yang mengandung malware lolos dari pemeriksaan keamanan Google, sehingga bisa tayang di toko aplikasi Play Store mereka.

Baca juga: PNS Dilarang Pakai WhatsApp, Aplikasi Ini Sebagai Gantinya!

Lagi-lagi, aplikasi tersebut juga sudah didownload jutaan kali oleh para pengguna. Yang menemukan adanya aplikasi mengandung Adware bermotif iklan ini adalah Tim Keamanan Siber dari Avast. Dimana Aplikasi Android yang dimaksud tersebut menawarkan sebuah layanan kebugaran dan juga editing foto yang menyamar sebagai aplikasi ilegal, namun sejatinya mereka adalah Virus Iklan.

Copyright┬ęTekinfom

Tercatat, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 30 juta kali. Sebelumnya, peneliti dari Check Point dikabarkan telah menemukan enam Aplikasi Android yang telah disuntikan malware iklan PreAMO, dan aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 90 juta kali.

Baca juga: Jangan Ketinggalan, 5 Smartphone Android Xiaomi Ini Dipangkas Makin Murah!

Pihak Avast menyebut, jika Aplikasi Android yang telah mereka temukan itu saling terhubung melalui pustaka dari pihak ketiga. Sehingga mereka pun telah berhasil menerobos pembatas background service dalam android Versi terbaru.

Aplikasi Android ini diklaim oleh Avast mampu menguras daya baterai dan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat dibandingkan sebelumnya, dan pastinya hal ini sangat mengganggu bagi penguna.

“Aplikasi-aplikasi ini menggunakan pustaka untuk terus-menerus menampilkan lebih banyak iklan ke pengguna yang sebenarnya dilarang oleh Play Store,” tulis tim Avast dalam publikasinya, dikutip dari laman TeknoKompas.

Sejumlah Aplikasi Android yang dimaksud oleh Tim Avast ini adalah Photo Blur Studi, Pro Piczoo, Magic Cut Out, Movtracker, hingga Pro Photo Easer.

Baca juga: Sebaiknya Kamu Hapus, 6 Aplikasi Android Ini Menyimpan Malware Didalamnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here