Bos Facebook Bocorkan Sisi Gelap WhatsApp, Apa Itu?

0
3107
Copyright©BBC

WhatsApp Belum Memberikan Keuntungan Bagi Facebook

Smeaker.comWhatsApp memang telah menjadi aplikasi pesan instant yang paling populer saat ini, dimana jumlah  penggunanya sudah lebih dari 1.5 Miliar orang dari seluruh dunia.

Namun ternyata dibalik kesuksesan WhatsApp tersebut, rupanya ada sisi gelap dari aplikasi yang identik dengan logo warna hijau tersebut, terutama bagi Facebook selaku perusahaan induk dari aplikasi tersebut.

Baca juga: Waspada Jika Dapat Pesan Begini, Akun WhatsApp Kamu Bisa Dibajak!

Sisi gelap yang dimaksud ini adalah, Whatsapp hingga sekarang masih belum juga memberikan untung bagi mereka. Sejak dibeli oleh Facebook senilai USD 19 Miliar pada 5 tahun lalu, seberapa pun kepopuleran WhatsApp ini dimata pengguna, namun masih belum menjadi sumber pendapatan bagi Facebook.

Copyright©BBC

Dan disisi lain, ketenaran dari WhatsApp ini dikhawatirkan bisa menjadi salah satu penyebab berkurangnya orang mengakses aplikasi chating milik perusahaan Facebook itu sendiri, yakni Messenger.

Baca juga: Akankah Nasib WhatsApp Bakal Seperti BBM?

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mark Zuckerberg selaku pendiri dan juga CEO Facebook. Ia menyebutkan jika WhatsApp ini sebagai platform private, sementara untuk Facebook serta Instagram merupakan platform publik.

“Sering pertumbuhan platform privat, dalam beberapa kasus kami menjumpai kanibalisasi platform publik di negara seperti India, di mana WhatsApp sangat populer,” Kata Zuck yang dikutip dari laman detikINET.

Seperti contohnya di India, dimana pengguna WhatsApp ini telah mencapai 400 juta orang dan disebut sebagai terbesar didunia. Sementara jumlah pengguna Facebook di negara tersebut hanya 300 juta orang saja.

Maka dari itu, pihak Facebook berencana untuk memasukkan iklan kedalam aplikasi WhatsApp. Namun hingga kini belum juga di implementasikan oleh mereka. Meskipun begitu, kemungkinan keuntungan yang didapat dari cara ini juga tidak begitu besar.

Baca juga: PNS Dilarang Pakai WhatsApp, Aplikasi Ini Sebagai Gantinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here