Sebaiknya Kamu Hapus, 6 Aplikasi Android Ini Menyimpan Malware Didalamnya!

0
34474
Copyright©AndroidPIT

6 Aplikasi Android Terdeteksi Bisa Klik-Iklan Otomatis

Smeaker.com – Play Store merupakan toko Aplikasi Android milik Google yang memiliki banyak sekali aplikasi didalamnya. Namun baru-baru ini, Google diketahui telah menarik sejumlah aplikasi miliknya dari toko aplikasi tersebut.

Hal ini setelah BuzzFeed News melakukan investigasi, dimana sejumlah Aplikasi Android ini tercyduk berbuat curang kepada para penggunannya. Enam dari aplikasi ini telah dikembangkan DU Grup yang merupakan developer asal China.

Baca juga: Akankah Nasib WhatsApp Bakal Seperti BBM?

Yang mengkhawatirkan, jika Aplikasi Android tersebut cukup populer dan telah diunduh sebanyak 90 juta kali oleh pengguna. Ke-enam aplikasi yang dimaksud ini adalah Total Cleaner, Selfie Camera, RAM Master, Smart Cooler, Omni Cleaner, dan AIO Flashlight.

Copyright©AndroidPIT

Dari ke-enam Aplikasi Android diatas, Selfie Camera menjadi aplikasi yang paling populer dimana telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Aplikasi ini dinilai curang karena didalamnya memiliki kode yang bisa membuat aplikasi ini otomatis meng-klik iklan yang muncul, tanpa disadari oleh pengguna.

Baca juga: Bisa Dijadwal, Begini Cara Mengirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

Dan yang menyebalkan, klik otomatis ini bahkan bisa tetap berjalan sekalipun pengguna tidak membuka Aplikasi Android tersebut. Selain menguras baterai pengguna, aksi ini juga membuat paket data pengguna juga bakal terkuras nantinya.

“Kami secara eksplisit melarang penipuan iklan dan penyalahgunaan di Google Play Store. Pengembang diwajibkan untuk mengungkap pengumpulan data pribadi dan hanya menggunakan izin yang diperlukan untuk menjalankan fitur dalam aplikasi,” kata juru bicara Google, seperti dikutip dari laman detikINET.

Selfie Camera menjadi Aplikasi Android yang paling sering melakukan pelanggaran. Selain melakukan klik pada iklan diam-diam, aplikasi ini juga melakukan ‘download fraud’ dimana aplikasi ini mampu memonitor aplikasi lain dari dalam smartphone pengguna.

Jadi pada saat pengguna menginstal Aplikasi Android baru, maka Selfie Camera ini bakal mengungah informasi jika mereka yang mendorong pengguna untuk mendownload aplikasi tersebut guna menipu para pengembang.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2019, Gratis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here