Gawat, Ratusan Aplikasi Android di Play Store Ini Mengandung Malware

0
578
Copyright©Telset

200an Aplikasi Android di Play Store Mengandung Virus Iklan!

Smeaker.com – Ada kabar menghebohkan kali ini, dimana ratusan Aplikasi Android yang terdapat di dalam Play Store disebut telah terjangkau sebuah virus iklan (Adware) yang cukup meresahkan para pengguna.

Dimana cara kerja dari virus ini bisa menampilkan iklan didalam smartphone tanpa seizin dari pengguna tersebut. Nah keberadaan virus dalam Aplikasi Android ini diketahui pertama kali oleh peneliti CheckPoint.

Baca juga: Daftar Aplikasi Android Terbaik Untuk Blokir Iklan di Smartphone!

Dimana dalam penelitiannya tersebut, setidaknya lebih dari 200 Aplikasi Android yang telah terinfeksi olah virus Adware. Biasanya virus ini nanti bakal menampilkan sebuah iklan banner atau pop-up yang akan memenuhi layar demia menghasilkan uang bagi si pembuat tersebut.

Copyright©Telset

Selain menjengkelkan, virus yang telah menginfeksi sebuah smartphone bakal terus menampilkan iklan tersebut sehingga bisa berpengaruh pada daya tahan baterai nantinya. Dari laporan CheckPoint, jika sejumlah Aplikasi Android yang terkena malware ini adalah game jenis simulator.

Baca juga: Canggih, Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik!

Para tim peneliti tersebut menyebut Adware ini sebagai ‘SimBad’ lantaran memang sebagian besar Aplikasi Android yang terjangkit oleh malware ini berasal dari game simulation tersebut.

Ada yang menarik, dimana sejumlah Aplikasi Android yang terjangkit oleh virus ini adalah game yang sudah didownload lebih dari 5 juta hingga 10 juta kali oleh pengguna, sebut saja seperti Hoverboard Racing, Snow Heavy Excavator Simulator, dan masih banyak lagi.

Dan jika ditotal keseluruhan ada ratusan Aplikasi Android yang sudah diunduh lebih dari 150 juta kali oleh pengguna yang terjangkit oleh virus tersebut. Dan untuk daftar selengkapnya bisa anda lihat pada tautan berikut ini: https://research.checkpoint.com/simbad-a-rogue-adware-campaign-on-google-play/

Nah sebagai langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus Aplikasi Android tersebut saja, sebelum nantinya malah menjangkit dalam smartphone dan sulit untuk ditangani.

Baca juga: Awas, WhatsApp Kamu Bisa Kena Blokir Gegara Pakai Aplikasi Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here