Berbahaya, Pengguna Smartphone Android Jangan Asal Terima Saat Ada Kiriman Gambar!

0
6465
Copyright©Wikitechy

Ada Celah Keamanan di Smartphone Android Dengan OS Terbaru

Smeaker.com – Saling mengirimkan gambar memang menjadi aktifitas yang sering kali dilakukan oleh seseorang saat ini. Mereka bisa memanfaatkan layanan seperti email atau aplikasi pesan instant dengan sangat cepat tanpa memperhatikan format gambar tersebut.

Namun kini, pengguna Smartphone Android diperingatkan untuk waspada mulai sekarang saat mereka menerima sebuah gambar, khususnya dengan menggunakan format PNG. Wah ada apa ya?

Baca juga: Siapkan Budgetmu, Segini Harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia!

Pasalnya baru-baru ini, Google mengungkapkan jika adanya kerentanan pada Smartphone Android  yang menggunakan OS miliknya, mulai dari versi 7.0 Nougat hingga v9.0 Pie. Bug ini telah ditemukan pada mitra Android sekitar sebulan sebelum dipublikasikan.

Copyright©Wikitechy

Dengan adanya bug tersebut, memungkinkan para peretas bisa menjalankan kode dialam tablet atau Smartphone Android setelah pengguna menerima lalu membuka gambar dengan format PNG yang memang dirancang merusak sistem.

Baca juga: Punya Kamera 48 MP, Kapan Oppo F11 Pro Dirilis?

Namun mirisnya, pengguna Smartphone Android ini tidak sadar akan hal itu. Dengan mereka melihat gambar tersebut maka sama saja dengan membuka jalan para peretas ini menyerang smartphone pengguna dari jarak jauh.

“Kerentanan keamanan di dalam framework memungkinkan peretas menggunakan file PNG yang didesain menjalankan kode arbitrari untuk proses tertentu,” tulis Google dikutip dari KompasTekno.

Google telah menolak untuk menjabarkan secara detail mengenai teknik peretasan yang digunakan oknum tersebut. Serta tidak diketahui juga apa saja yang bakal diperoleh dan bisa dilakukan para peretas dari celah keamanan tersebut.

“Kami belum mendapatkan laporan dari eksploitasi atau pelanggaran pengguna aktif akibat masalah ini,” klaim pihak Google.

Namun kini penambal masalah tersebut telah dirilis Google ke repositori Android Open Source Project. Ada baiknya jika Smartphone Android segera melakukan update patch tersebut jika muncul notifikasi, hal ini untuk memperkecil resiko dari celah keamanan tersebut.

Baca juga: Dapat Potongan, Harga 5 Smartphone Android Asus Kini Makin Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here