Waspadalah, Modus Penipuan di WhatsApp Bagikan Tiket Gratis Disneyland Beredar!

0
177
Copyright©Tribunnews

Penipuan Bagikan Tiket Gratis Disneyland Beredar di WhatsApp dan Facebook

Smeaker.com – Lagi, beredar sebuah pesan melalui aplikasi WhatsApp dan Facebook yang berisi jika Disneyland sedang membagikan tiket gratis atau informasi mengenai diskon tiket penerbangan pesawat.

Menurut Kaspersky Lab, jika pesan tersebut merupakan modus penipuan baru yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Berikut kira-kira isi pesan yang beredar di WhatsApp dan Facebook tersebut.

Baca juga: Smartphone Murah Samsung Galaxy M20 Rilis di Indonesia Pekan Depan!

“Jangan lewatkan 500 tiket masuk Disnyeland gratis atas perayaan ulang tahun Disneyland yang ke-100,” tulis Kaspersky Lab, dikutip dari laman Tekno Tempo.

Copyright©Tribunnews

Pesan tersebut biasanya bakal berisi sebuah tautan yang nampak terlihat resmi sehingga mudah mengecoh para pengguna WhatsApp. Apalagi didalam situs tersebut jika diberikan sebuah komentar pengguna yang nampak bahagia mendapatkan hadiah tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Download Foto dan Video di Instagram!

Prosedur penipuan di WhatsApp ini nantinya memang sangat mudah dan umum terjadi. Dimana nantinya korban bakal diminta untuk memasukkan sebuah kolom survei. Setelah selesai mengisi semuanya, maka nanti anda bakal diminta untuk membagikan pesan tersebut kepada teman WhatsApp lainnya, dan tombol khususnya pun sudah disediakan pada laman tersebut.

Setelah itu, pengguna WhatsApp bakal diminta untuk melakukan klik pada tombol ‘Dapatkan Tiket’. Yang anehnya, tombol tersebut bukannya memberikan sebuah tiket, melainkan mengarahkan pengguna WhatsApp ke situs kedua, ketiga, dan seterusnya.

Skema seperti ini memang sudah lumrah terjadi, dan dikhawatirkan dengan anda mengikuti semua tahap-tahap yang diberikan, maka data pribadi anda bisa dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. jadi jika anda mendapatkan pesan di WhatsApp yang serupa seperti diatas, maka sebaiknya abaikan saja.

Baca juga: Sering Pindahkan Akun WhatsApp di Beberapa Ponsel, Bahaya Ini Mengintaimu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here