Waduh Puluhan Aplikasi Kecantikan di Android Curi Data Pengguna Diam-diam?

0
213
Copyright©TrencMicro

29 Aplikasi Android Ketahuan Curi Data Pengguna Diam-diam

Smeaker.com – Berfoto sekarang ini menjadi sebuah kebiasaan generasi milenial, dimanapun mereka berkunjung ke sebuah tempat, pasti tak lupa berfoto untuk mengabadikan momen di tempat tersebut menggunakan smartphone miliknya.

Nah sebelum dibagikan pada sosial media, biasanya mereka menggunakan sebuah aplikasi android untuk mempercantik tampilan fotonya agar jad lebih cantik dan menarik untuk dilihat banyak orang.

Baca juga: Daftar Smartphone Android Lenovo Murah Terbaru Harga Rp 2 Jutaan!

Namun ada hal yang perlu anda perhatikan, jika aplikasi android ini biasanya bakal meminta izin untuk mengakses foto dan juga kamera anda. Jika anda tak mengizinkan, maka aplikasi ini pun tak akan bisa anda gunakan nantinya.

Copyright©TrencMicro

Sebagian orang menganggap hal ini adalah wajar dan tak mempermasalahkannya, tapi jika mereka mengentahui jika ada aplikasi android beauty camera yang bisa mencuri foto pengguna, mungkin mereka bakal berfikir ulang.

Baca juga: Siapkan Diamond, 7 Skin Super Keren Mobile Legends Rilis Februari 2019!

Sebuah situs bernama Trend Micro telah menemukan 29 jenis aplikasi android jahat didalam Play Store yang menyamar sebagai aplikasi kamera kecantikan. Ini mereka lakukan dengan tujuan untuk mencuri foto pengguna saja, yang mengejutkan jika aplikasi ini telah diunduh lebih dari jutaan kali dan baru-baru ini Google telah menghapusnya.

Cara kerja dari aplikasi android ini adalah, ketika pengguna mengunggah foto untuk menambahkan filter, maka aplikasi tersebut langsung mengunggah ke server mereka. Setelah itu pengguna bakal mendapatkan pesan terjadi kesalahan dan meminta mereka memperbarui aplikasi, dan saat itu juga foto anda dikirim ke orang lain.

Yang lebih parahnya lagi, beberapa aplikasi android bahkan meneruskan pengguna pada sebuah situs Web Phissing untuk mencuri informasi pribadi mereka tanpa disadari.

Baca juga: Sudah Tahu Belum? Aplikasi Android ini Bisa Menghemat Kuota Internet Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here