Waduh, Aplikasi Bawaan Smartphone Android Ini Disusupi Malware, Kamu Punya?

0
1077
Copyright©Bejagadget

Aplikasi Bawaan Smartphone Android Alcatel Juga Ada Di Play Store

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, hampir semua perangkat tak terkecuali Smartphone Android selalu hadir dengan memiliki sejumlah aplikasi bawaan dari pihak Vendor yang biasanya tidak bisa dihapus.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh vendor TCL dengan Smartphone Android miliknya bernama Alcatel. Salah satu aplikasi wajib yang ada didalam perangkat tersebut adalah Weather Forecast-World Weather Accurate Radar.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Android Terbaru Tahun 2019 yang Layak kamu Coba, Apa Saja?

Jika anda mengetahui aplikasi tersebut didalam Smartphone Android anda, maka sebaiknya berhati-hatilah. Seperti yang dilaporkan oleh situs  ZDNET, jika aplikasi tersebut diketahui telah disusupi malware berbahaya yang secara diam-diam mengarahkan pengguna agar berlangganan ke nomor telepon premium.

Copyright©Bejagadget

Seperti namanya, ini adalah aplikasi cuaca bawaan yang ada didalam Smartphone Android Alcatel, namun aplikasi ini rupanya juga terdapat di Play Store dan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

Baca juga: Aplikasi Android ini Ternyata Bikin Baterai Cepat Habis, Kamu Punya?

Yang menarik, aplikasi tersebut telah dikembangkan TCL dan pada dasaranya merupakan pembuat perangkat Alcatel. Keberadaan Malware berbahaya ini pertama kali ditemukan oleh Upsteam yang merupakan perusahaan keamanan seluler berkantor pusat di Inggris.

Dimana mereka telah menemukan sejumlah lalu lintas mencurigakan yang berasal dari Smartphone Android para pelanggan. Perusahaan keamanann ini telah mendeteksi sekitar 27 juta upaya berlangganan yang dihasilkan oleh aplikasi besutan TCL tersebut, dan nantinya bisa membuat pengguna harus membayar USD 1,5 juta.

Yang lebih berbahaya lagi, aplikasi yang mengandung malware ini mampu mengumpulkan informasi pengguna mulai dari nomor IMEI unik pada Smartphone Android, Alamat email, hingga lokasi geografis lalu dikirimkan ke Server China.

Karena kasus tersebut, kini pihak Google telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store setelah mereka mendapat laporan dari Wall Street Journal.

Baca juga: Alasan Kenapa Whatsapp Bukan Aplikasi Chating Terbaik, Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here