Waduh, Aplikasi Facebook di Smartphone Samsung Sulit di Hapus?

0
386
Copyright©CNN Indonesia

Aplikasi Facebook di Smartphone Samsung Hanya Bisa Dimatikan

Smeaker.com – Seorang pengguna smartphone Samsung baru-baru ini mengeluh jika dirinya kesulitan saat menghapus aplikasi Facebook bawaan dari smartphone miliknya. Ia mengatakan jika aplikasi tersebut tak bisa di uninstall, hanya bisa dinonaktifkan saja.

Karena kejadian tersebutm pria bernama Nick Winke ini pun melayangkan protes kepada pihak Samsung. Dalam kasus ini, Nick menggunakan perangkat Samsung Galaxy S8 yang ia beli pada tahun 2017 silam, dan didalamnya sudah tertanam aplikasi Facebook.

Baca juga: Bocor di Internet, Inikah Tampang Asli Samsung Galaxy S10?

Sebelumnya, Nick menggunakan sosial media tersebut untuk berbagi gambar dan terhubung dengan teman-temannya. Namu ketika ia memustuskan untuk menghapus aplikasi Facebook di smarpthone Samsung miliknya, ia tak menemukan opsi tersebut.

Copyright©CNN Indonesia

“Ini benar-benar membingungkan saya. Saya benar-benar ingin menyingkirkan Facebook, tetapi tetap ada di ponsel saya, yang kemudian memunculkan lebih banyak pertanyaan,” kata Nick dalam sebuah wawancara, dikutip dari laman Kompastekno.

Baca juga: Miliki Harga Murah Dan Spesifikasi Canggih, Ini Lho Kelemahan Smartphone Xiaomi!

Meskipun didalamnya terdapat menu ‘disable’ yang memiliki fungsi untuk menonaktifkannya, namun aplikasi facebook tersebut tidak bisa dihapus sehingga memunculkan kekhawatiran terkait isu privasi tersebut.

“Apakah mereka masih melacak informasi, lokasi Anda atau apapun yang mereka lakukan? Kita sebagai konsumen seharusnya bisa menentukan apa saja yang kita inginkan dan yang tidak kita inginkan di dalam produk,” lanjut Nick.

Selain Nick, masih ada pengguna smartphone Samsung lainnya yang mengalami permasalahan serupa. Pria bernama Balwinder Singh yang membeli perangkat Samsung bulan lalu juga mengatakan hal serupa jika ia tak bisa menghapus aplikasi Facebook didalamnya.

Terkait hal ini, pihak Samsung pun menjelaskan jika mereka memang menanam aplikasi Facebook dibeberapa ponsel android miliknya. Dalam aplikasi tersebut diberikan tombol disable untuk mematikan aplikasi tersebut, sehingga tak akan bisa mengumpulkan data pengguna. Status Non-aktif ini dinilai sama saja dengan menghapus aplikasi itu dari dalam smartphone.

Baca juga: Banting Harga, 3 Smartphone Premium Samsung Dijual Makin Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here