Waspada, Beredar Modus Penipuan Baru di Whatsapp!

0
15721
Copyright©Samaa TV

Modus Penipuan di Whatsapp Mengaku Sebagai Keluarga Korban

Smeaker.com – Dijaman sekarang, berbagai macam cara bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan uang dari orang lain. Baik itu dengan cara baik seperti mengasah kreatifitas hingga melakukan penipuan yang tentu sangat merugikan orang lain.

Yang paling baru, kini ada modus penipuan yang menggunakan aplikasi pesan instant Whatsapp sebagai medianya. Hal ini sangat wajar, pasalnya sekarang Whatsapp memang menjadi aplikasi paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Baca juga: Daftar Smartphone Ini Bakal Tak Bisa Gunakan Whatsapp! Sony dan Samsung Termasuk

Sementara untuk modus penipuan ini sendiri, pelaku mengaku sebagai pihak keluarga korban setelah itu ia meminjam atau bahkan meminta uang kepada korban melalui aplikasi Whatsapp tersebut.

Copyright©Samaa TV

Dikutip dari laman Okezone, informasi mengenai modus penipuan di Whatsapp ini berawal dari sebuah broadcast yang memberikan peringatan kepada seluruh pengguna Whatsapp, dimana mereka agar berhati-hati apbaila menerima pesan dari orang atau nomor baru yang tidak anda kenal sebelumnya.

Baca juga: Asli Aman, Begini Cara Menyadap Whatsapp Melalui Gmail!

“Agar berhati-hati skg ada modus baru “Penipuan” dgn menggunakan aplikasi WA….si penipu akan ambil foto kita atau keluarga kita untuk dijadikan profil wa nya…kemudian dia akan menjapri Kel atau org dekat kita….dan akan minta pinjaman uang ke org yg di tipunya….kemudian akan minta kita untuk transfer ke reknya yg ternyata BUKAN nama org yg ada di foto profil atau nama yg digunakannya. Nanti dia akan memberi alasan berbagai macam alasan….harap berhati-hati dan cross cek langsung TELEPON ke no Kel yg kita kenal langsung dulu, semoga bermanfaat”. Isi pesan broadcast seperti dikutip dari laman Okezone.

Kasus penipuan di Whatsapp ini hampir mirip dengan modus penipuan pada tahun 2017 silam, dimana penipuan yang memanfaatkan Whatsapp saat itu meminta kepada korban untuk membayar biasa langganan sebuah aplikasi berbayar.

Saat itu, korban telah menerima pesan teks yang isinya berupa pemberitahuan jika langganan aplikasi Whatsapp mereka bakal berakhir, dan mereka meminta bayaran untuk mengaktifkannya lagi. jadi dengan adanya informasi ini, sebaiknya anda lebih berhati-hati setiap menerima pesan baru dari orang yang tidak dikanal sebelumnya.

Baca juga: Cara Bikin Stiker Whatsapp dengan Foto Pribadi, Gampang Banget!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here