Format Video AV1 Diuji Coba Youtube, Ini Keunggulannya!

0
1217
Copyright©Bitcoin

Format Video AV1 Di Youtube Janjikan Konten Berkualitas Dengan Ukuran Kecil

Smeaker.com – Baru-baru ini, platform berbagai video Youtube sedang melakukan uji coba untuk dukungan video berformat AV1. Kehadiran format video ini untuk menggantikan foramta video VP9 dan bakal bersaing dengan HEVC/H.265.

Format video AV1 di Youtube ini menjanjikan ukuran file lebih kecil namun tak akan mempengaruhi kualitas streaming video nanti. Akun Youtube Developers pun telah menyusun beberapa daftar video yang bakal menerima transcode format AV1 tersebut.

Baca juga: 5 Channel Youtube yang Bisa Membuatmu Mahir Bahasa Inggris!

Hingga kini, format video AV1 ini masih terbatas, dalam keteranganya para pengembang menyarankan kepada para pengguna Youtube yang ingin mencoba format baru ini, mereka bisa menggunakan Chrome 70 atau Firefox Nightly maupun versi 63.

Copyright©Youtube

Bagi pengguna Firefox haruslah melakukan modifikasi preferensi pada perambannya supaya bisa mendukung format AV1 tersebut. caranya ialah dengan memuat “media.av1.enabled and media.mediasource.experimental.enabled preferences set” pada bagian baris alamat browser tersebut.

Baca juga: Gratis, Berikut Cara Streaming Youtube Go Tanpa Internet

Setelah browser sudah mendukung format AV1, silahkan pergi ke tauan Youtube TestTube, lalu silahkan aktifkan opsi ‘Prefere AV1 for SD’. Setelah itu , silahkan masuk ke AV1 Beta Launch Playlist yang sudah disiapkan para developer Youtube.

Video transcoding AV1 ini bakal diputar pada resolusi 480 pixel atau berada dibawahnya, serta format VP9 baru bakal digunakan untuk resolusi video Youtube yang lebih tinggi. Nah jika anda ingin memastikan apakah format video Youtube yang anda putar sudah mendukung AV1 apa belum, maka silahkan klik kanan pada video yang diputar tadi, lalu silahkan pilih ‘Stats for Nerds’ atau ‘Informasi statistik’. Untuk jenis format video bakal terpampang pada kolom codecs.

Dikutup dari Kompastekno, bagi para pengguna Youtube yang masih belum tertarik mencoba format video AV1 ini, maka bisa mencobanya pada tahun depan ketika pihak Youtube sudah resmi meluncurkannya.

Baca juga: Takut Ketahuan Pacar? Begini Cara Hapus Jejak Kamu Di Youtube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here