Dianggap Berbahaya, Facebook Blokir Aplikasi ini di Platformnya

0
538
Copyright©Daily Express

Facebook Blokir 400 Aplikasi Berbahaya di Platformnya

Smeaker.comFacebook sebagai sosial media dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia, baru-baru ini telah menangguhkan sekitar 400 aplikasi dan memblokir 1 aplikasi dari ribuan yang ada terkait kasus kebocoran data beberapa waktu lalu.

Dalam laporannya, Facebook mengatakan jika mereka telah memblokir aplikasi bernama MyPersonality karena telah menolak untuk diselidiki. Seperti dilaporkan oleh CNET, aplikasi tersebut sebelumnya sudah ditangguhkan sejak bulan April 2018 lalu.

Baca juga:  Waduh Puluhan Aplikasi Kecantikan di Android Curi Data Pengguna Diam-diam?

Dikutip dari laman The Next Web, aplikasi yang telah Facebook blokir tersebut merupakan sebuah kuis kepribadian. Dimana mereka telah meminta para pengguna untuk berbagi informasi mengenai profil Facebook mereka.

Copyright©Daily Express

Nah informasi yang diperoleh oleh aplikasi ini nantinya bakal mereka kumpulkan, lalu dibagikan kepada para peneliti. Ada sebanyak 280 orang nantinya bisa mendapatkan akses ke keseluruhan data yang terkumpul dari aplikasi ini.

Baca juga:  5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Download Foto dan Video di Instagram

“Jelas bahwa mereka membagikan informasi dengan para peneliti dan juga perusahaan lain dengan perlindungan pada data yang minim,” kata pihak Facebook dalam sebuah postingan blog.

Pihak Facebook juga bakal memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada sekitar 400 juta orang yang sempat menggunakan aplikasi kepribadian tersebut yang hanya aktif sebelum tahun 2012 lalu.

Tak hanya itu, pihak Facebook juga telah menangguhkan sekitar 400 aplikasi lain yang memiliki cara kerja sama dengan aplikasi tersebut. Angka ini pun menjadi dua kali lipat dari total jumlah aplikasi yang telah ditangguhkan pihak Facebook pada bulan Mei lalu.

Sementara itu, pada hari Rabu kemarin pihak Facebook juga diminta menghapus aplikasi VPN miliknya di App Store. Pasalnya aplikasi tersebut dianggap melanggar regulasi dari pihak Apple.

Baca juga:  Sudah Tahu Belum? Aplikasi Android Bisa Menghemat Kuota Internet Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here