Ribuan Akun Instagram Diduga Diretas Massal, Cek Punyamu?

0
228
[email protected]

Ribuan Akun Instagram Diduga Diretas Massal

Smeaker.com –  Sejumlah Akun Instagram diduga dirtas secara massal. Menurut pengalaman seorang pengguna yang bernama Krista, akunnya yang mempunyai 4500 pengikut ini tiba-tiba melakukan logout dari aplikasi.

Baca Juga: Upload Foto di Instagram Bisa Dijadwal Lho, Begini Caranya!

Ketika mencoba masuk kembali ke dalam akunnya, Krista menerima pesan bahwa username yang dimilikinya tidak ada.

Tidak lama berselang, dirinya akhirnya menyadari bahwa foto, alamat email dan nomor teleponnya berubah. Dirinya mencoba meminta untuk ganti sandi, akun email yang terhubung ke akunnya sudah diganti dengan domain email Rusia yakni dot (ru). Saat itulah dirinya baru menyadari telah menjadi korban peretasan.

Pengguna lainnya, yakni Megan, punya cerita serupa. Baru mau masuk ke akun IG, seluruh username, password, alamat email, dan akun Facebook-nya berubah.

Mereka hanya dua di antara ribuan pengguna Instagram yang kabarnya mengalami kasus serupa sejak awal bulan. Dalam 24 jam, di Twitter sudah ada lebih dari 100 laporan terkait peretasan akun Instagram ini.

Baca Juga: Instagram Punya Fitur Baru Activity Dashboard, Apa Fungsinya?

Bukan hanya itu saja, menurut data platform analitik Talkwater, lebih dari 5000 cuitan dari 899 akun yang terkena peretasan Instagram dalam tujuh hari terakhir.

“Kami bekerja keras menghadirkan keamanan tinggi pada komunitas Instagram,” kata seorang juru bicara Instagram sebagaimana dikutip dari Mashable, Rabu (15/8/2018).

“Ketika kami tahu ada akun yang telah disusupi, kami matikan akses ke akun tersebut. Orang-orang yang terkena dampak pun bisa melakukan proses remediasi sehingga mereka bisa mengatur kata sandi dan mengambil langkah lain yang diperlukan untuk mengamankan akun mereka,” tutur juru bicara Instagram.

Tidak jelas bagaimana hacker mendapatkan akses ke akun-akun Instagram. Kemungkinan yang terjadi adalah peretasan secara massal.

Baca Juga: Aplikasi yang Banyak Sedot Kuota Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here