Bahaya Metode Penggandaan Kartu SIM

0
266
Penggandaan Kartu SIM
Penggandaan Kartu SIM Copyright©iStockPhoto

Penggandaan Kartu SIM Berbahaya Banget Lho

Smeaker.com Kepolisian Florida, Amerika Serikat menangkap seorang pembajak kartu SIM yang dituding mengambil keuntungan dari proses Scanning kartu SIM yang dilakukan.

Baca Juga: Begini Lho Cara Meningkatkan Sinyal Wifi

Mengutip laman Engadget, Senin (13/8/2018), penyerang yang ditangkap oleh polisi bernama Ricky Handschumacher. Dia ditangkap terkait dengan tindak pencurian uang besar-besaran, pencucian uang, dan mengakses komputer korban secara tidak sah

Proses scanning ini sendiri dilakukan oleh Handschumacher dengan menipu dan mendapatkan akses di Kartu SIM korban dengan memanfaatkan sebuah kartu pintar yang menghubungkan dengan akun pelanggan tertentu.

Hal ini lantas membuat sosok Handschumacher dan kelompoknya mudah dalam merampok dompet virtual korban. Jika sebuah akun memerlukan autentikasi dua factor dengan pesan teks, anggota kelompok penyerang ini bias melihat kode dan menggunakannya.

Bukti kejahatan kelompok ini pertama kali ditemukan di Michigan, saat seorang ibu mendengar putranya pura-pura jadi karyawan AT&T.

Temuan di negara bagian itu mengarah pada identifikasi Handschumacher dan gerombolannya yang memakai Telegram untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Cara Memasang 2 WhatsApp dalam 1 Smartphone Android

Tidak jelas kejahatan ini sudah berapa lama dilakukan. Namun dalam satu kali serangan, sindikat ini bisa mencuri US$ 470 ribu atau setara Rp 6,8 miliar.

Parahnya atas dugaan kejahatan yang dilakukan, Handschumacher mengklaim tidak bersalah. Namun dia mengaku berpartisipasi dalam sindikat pencurian uang digital senilai US$ 100 ribu (setara Rp 1,4 miliar).

Terlepas dari kasus ini, penangkapan ini menunjukkan bahwa autentikasi dengan menggunakan SMS ini nyatanya tidak cukup aman dan rentan terhadap trik pembajakan SIM.

Untuk itu, lebih baik menggunakan aplikasi atau metode verifikasi lainnya untuk masuk ke sebuah akun

Baca Juga: Cara Membobol Password Wifi Ala Hackers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here